Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna di Subang Jawa Barat

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 27 December 2022 - 13:12 WIB

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna di Subang Jawa Barat

Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Sadawarna di Subang Jawa Barat — 1 bulan yang lalu


Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Sadawarna di Subang, Jawa Barat, Selasa, 27 Desember 2022. 

Dia mengklaim Sadawarna merupakan bendungan ke-33 yang diresmikan oleh pemerintah sejak 8 tahun terkahir. 

"Pembangunan Waduk Sadawarna yang dimulai 2018, hari ini sudah selesai dan segera kita resmikan," ujar Jokowi saat peresmian yang disiarkan YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa, (27/12/22). 

Selain untuk Sumedang, Bendungan Sadawarna juga untuk irigasi sawah di Indramayu

Jokowi yang dalam peresmian itu didampingi oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan kamil dan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir menyebut Bendungan Sadawarna menghabiskan anggaran Rp 2,065 triliun. 

Selain bermanfaat untuk masyarakat Sumedang, Jokowi menyebut bendungan ini juga bakal membantu pengairan sawah di kawasan Kabupaten Indramayu, Jawa Tengah sehingga dapat membantu produksi beras. 

"Kita tahu Indramayu adalah penyumbang surplus (beras) nomor satu terbesar di Indonesia dan kita harapkan tidak turun, tapi naik seperti yang tadi Pak Gubernur sampaikan, dari 1,3 juta ton menjadi 1,8 juta ton untuk Kabupaten Indramayu," kata Jokowi. 

Ucapan terima kasih untuk bupati dan masyarakat Sumedang

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga ingin menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan seluruh masyarakat Sumedang karena merelakan airnya untuk mengairi sawah-sawah di Indramayu. 

"Tadi Pak Bupati menyampaikan ikhlas Pak, ikhlas Pak, dan waduk ini dengan luas genangan 680 hektare bisa mengairi kurang lebih 4.280 hektare sawah yang ada di bawah," kata Jokowi. 

Sementara Angga Prawira dari Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum menambahkan, Bendungan Sadawarna akan mendukung lumbung pangan Jawa Barat sekaligus mengurangi risiko banjir di tiga kabupaten yang dilalui Sungai Cipunagara, yaitu Subang, Sumedang, dan Indramayu.

Pembangunan bendungan memang menjadi salah satu program andalan Presiden Jokowi untuk mengejar target swasembada pangan. 

Sepanjang 2015 - 2022, pemerintah total telah meresmikan 32 bendungan, termasuk Bendungan Sadawarna. Pada Jumat, 23 Desember 2022, Jokowi meresmikan dua bendungan, yaitu Bendungan Sukamahi dan Bendungan Ciawi di Kabupaten Bogor. 

Presiden menargetkan total 57 bendungan yang akan selesai dibangun pada akhir masa kepemimpinannya di 2024 mendatang.

#PresidenJokoWidodo #BendunganSadawarna #sumedang #erksfm #news-erks