Populer di Garut, Inilah Pesona Keindahan Pantai Santolo

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 11 March 2023 - 08:00 WIB

Populer di Garut, Inilah Pesona Keindahan Pantai Santolo

Populer di Garut, Inilah Pesona Keindahan Pantai Santolo — 1 tahun yang lalu


Pantai Santolo merupakan pantai yang terletak di Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut, Jawa Barat. 

Garut tidak cuma dikenal dengan jeruknya yang manis dan Gunung Cikuray yang tegak berdiri, kota ini juga memiliki pantai yang populer dan dikenal luas di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. 

Pantai yang terletak di Garut Selatan (Garsel) ini dapat kamu tempuh kurang lebih 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari kota Garut. 

Pantai ini selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan, tidak hanya warga sekitar yang berkunjung ke tempat ini warga dari beberapa kota seperti Jakarta, Bandung dan kota-kota sekitar juga kerap mengisi liburan mereka di Pantai Santolo. 

Panorama Pantai Santolo juga cukup bervariasi, mulai dari bentang Samudera Hindia, pepohonan hijau, dan batu karang yang menjulang.

Jika kamu berencana mengunjungi pantai ini, kamu hanya perlu menyiapkan uang Rp 15.000 untuk dewasa dan Rp 10.000 untuk anak-anak. 

Dengan harga tersebut, kamu sudah dapat menikmati keindahan dan panorama yang disajikan Pantai Santolo, dengan pasir pantai dan ombaknya yang indah.

 Daya Tarik wisata 

1. Wisata kuliner

Melansir dari beberapa sumber, Mulanya sebelum dijadikan sebagai tempat wisata, pantai ini merupakan tempat pemberangkatan para nelayan untuk mencari ikan di laut, setelahnya para nelayan kerap menjual hasil tangkapannya di sana. 

Meski demikian hingga kini nelayan tetap berjualan hasil tangkapan yang baru saja mereka peroleh dari tengah laut, hal ini memungkinkan kamu dapat membeli ikan segar dan besar dengan harga yang terbilang tidak terlalu mahal. 

Tidak hanya itu, olahan makanan seperti ikan asin kerupuk ikan juga aneka kerupuk berbahan dasar kepiting dan udang dapat kamu temui disini 

2. Keindahan pantai

Untuk kamu yang menyenangi fotografi di pantai ini terdapat jembatan tua yang memiliki bentuk unik dan masih kokoh, dalam jepretan kamera, tidak diragukan lagi jika jembatan ini dapat menambah keren hasil fotomu dipadukan birunya laut. 

Tidak hanya itu, sunrise dan sunset di Pantai Santolo ini juga dikenal memiliki keindahan yang tidak jauh berbeda dari pantai-pantai lain di Indonesia, kamu dapat menikmati sunrise dan sunset dengan cukup baik di pantai ini. 

Mulanya, sebelum menjadi pulau seperti sekarang dikabarkan Pulau Santolo merupakan kumpulan karang yang amat besar, di sini kamu juga dapat menikmati pemandangan bawah laut seperti terumbu karang ikan-ikan kecil dan kepiting dikarenakan airnya yang jernih. 

3. Banana Boat

Tidak lengkap rasanya jika berkunjung ke pantai namun tidak menaiki satu wahana yang sepertinya sudah melekat dengan wisata pantai ini. 

Kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 25.000 untuk menaiki banana boat di Pantai Santolo, pantai ini juga memiliki ombak yang relatif kecil. Jadi apa yang membuatmu khawatir? 

4. Menyewa perahu nelayan

Jika masih kurang bermain banana boat kamu masih dapat melanjutkan eksplorasi di Pantai Santolo dengan menyewa perahu nelayan.

Dari atas perahu kamu dapat menikmati pemandangan sekitar pantai yang indah, seperti hamparan pasir, birunya air laut dari kejauhan, bahkan sebab jernihnya air kamu dapat menyaksikan biota laut dari permukaan. 

5. Area camping

Untuk kamu yang hobi bermalam di tenda, mungkin informasi ini yang kamu tunggu, ya, pantai ini menyediakan tempat camping untuk kamu bermalam, sambil menikmati suara ombak dan angin, kamu dapat membuat api unggun di dekat tenda. 

Jika stok makanan habis tidak perlu khawatir, di lokasi camping terdapat rumah makan yang buka hingga tengah malam dan siap menyajikan kebutuhan perutmu. 

Sebagai perhatian, tempat ini tidak menyediakan perlengkapan camping, jadi jika kamu berencana camping di Pantai Santolo, persiapkan sendiri perlengkapanmu.

6. Curug Cimulang

Mungkin akan jarang kamu temui curug yang keberadaannya dekat dengan laut seperti ini, namun Curug Cimulang terbentuk diakibatkan aliran air laut saat pasang menuju ke muara Sungai Cilauteureun. 

Jika sedang tidak kondisi air laut pasang, kamu hanya akan melihat cekungan yang mirip menyerupai danai di lokasi ini.

#PantaiSantolo #Pesona #Garut #Pantai #sumedang #erksfm #news-erks