Polres Sumedang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 22 December 2022 - 17:15 WIB

Polres Sumedang Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 — 2 bulan yang lalu


Kapolres Sumedang AKBP Indra Setiawan menjadi Inspektur Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Lodaya 2022 Polres Sumedang yang dilaksanakan di halaman depan Mapolres Sumedang Polda Jawa Barat, Kamis (22/12/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda, Bupati Sumedang H Donny Ahmad Munir, Komandan Kodim 0610/ Sumedang Letkol Inf Hendrix Pahlevi Rangkuti, Kepala Kejaksaan Negeri Sumedang, I Wayan Eka Widyara, perwakilan pejabat Pengadilan Negeri Sumedang,  Pejabat Utama Polres Sumedang, para Kapolsek Jajaran Polres Sumedang dan tamu undangan lainnya.

Pasukan upacara terdiri dari anggota Subdenpom, Kodim 0610/Sumedang, Polres Sumedang, Satpol PP, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan serta pelajar yang tergabung dalam Pramuka Saka Bhayangkara.

Kapolres Sumedang membacakan amanat dari Kapolri bahwa Operasi Lilin 2022 yang diselenggarakan oleh Polri ini merupakan operasi terpusat dan dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2022 dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2022 dan Tahun Baru 2023, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya," Ujar Indra

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Natal dan Tahun Baru dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Terlebih saat ini menurut pemerintah bahwa covid-19 sudah terkendali dan dilakukannya berbagai kelonggaran bagi aktivitas masyarakat.

Peningkatan aktivitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas dan perlu adanya kewaspadaan terhadap potensi gangguan bencana alam pada musim hujan seperti saat ini.

Polri akan mengoptimalkan peran Command Centre guna mengkoordinasikan seluruh perangkat operasi sehingga segala gangguan kamtibmas pada masa operasi lilin lodaya 2022 dapat terpetakan dengan baik dan menjadi sarana pengambilan kebijakan guna menentukan tindakan kepolisian yang diperlukan.

Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2022 yang akan dilaksanakan selama 11 hari, mulai dari tanggal 23 Desember 2022 sampai dengan tanggal 2 Januari 2023.

"Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," pungkas Indra.

#KapolresSumedang #Apel #OperasiLilinLodaya #BupatiSumedang #CommandCentre #Penegakanhukum #sumedang #erksfm #news-erks