PMI Sumedang Buka Gerai Donasi yang Pertama di Indonesia

Redaksi eRKS FM

 - 

Saturday, 29 May 2021 - 15:45 WIB

PMI Sumedang Buka Gerai Donasi yang Pertama di Indonesia

PMI Sumedang Buka Gerai Donasi yang Pertama di Indonesia — 1 tahun yang lalu


Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jabar mengapresiasi dibukanya gerai donasi di PMI Sumedang, yang rencananya akan dijadikan role model di seluruh kota/kabupaten di Jabar.

Hal itu dikatakan A. Rochjana Kepala PMI Provinsi Jabar ketika menghadiri peresmian Gerai Donasi PMI Sumedang, (29/5).

"Jika di Indonesia ada ekonomi kreatif, maka di PMI juga ada ekonomi kreatif, tentang bagaimana menyiapkan sumber daya dan sumber dana. Hasilnya menguntungkan PMI, namun tidak mengandalkan dari luar," jelasnya.

Rochjana menilai gerai donasi di PMI Sumedang merupakan inovasi terbaru, dan baru PMI Sumedang yang memiliki gerai semacam ini.

"Ini harus dikembangkan. Lewat gerai donasi, orang yang mau nyumbang barang harus layak jual dan layak pakai, agar masyarakat puas," tambahnya.

Uang hasil penjualan barang akan digunakan lagi untuk masyarakat yang membutuhkan.

"Saya akan terus mendukung dan saya akan instruksikan kepada seluruh jajaran PMI kabupaten/kota untuk meniru langkah PMI Kabupaten Sumedang," katanya.

Kepala PMI Sumedang Agus Seksarsyah Rasjidi mengungkapkan, gerai donasi ini bisa membantu dan meringankan, jika terjadi musibah bencana yang menimpa masyarakat.

"Harapan saya bisa sesuai dengan keinginan kami, dan yang paling utama adalah kita memberdayakan relawan sehingga bisa berkiprah disini. Terus terang saja ini dikelola oleh relawan,” sebutnya. 

Agus mengungkapkan ide ini diadopsi dari gerai serupa saat dirinya berkunjung ke luar negeri.

“Pendapatannya bukan dari negara, melainkan dari charity shop,” katanya. 

Dalam peresmian gerai donasi PMI Sumedang ini turut hadir Sekretaris Daerah Sumedang, Herman Suryatman. 

"Menurut saya, ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang kreatif, menyesuaikan dengan dinamika perkembangan zaman. Mudah-mudahan pola ini bisa efektif," ujarnya.

Herman mengajak warga masyarakat Sumedang untuk melakukan donasi di gerai PMI Sumedang.

"Jadi warga masyarakat bisa memberikan donasi bukan hanya uang, namun juga barang, dan hasil donasinya akan dijual digerai ini. Jadi silakan berdonasi beramai-ramai ke gerai donasi PMI Sumedang," tandasnya.

#PMI #geraidonasi #sumedang #erksfm #news-erks