Peternak Harus Waspada Ancaman PPR

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 09 June 2023 - 11:13 WIB

Peternak Harus Waspada Ancaman PPR

Peternak Harus Waspada Ancaman PPR — 1 tahun yang lalu


Penyakit pada ternak belakangan ini terus muncul, setelah kasus PMK dan LSD yang menyerang sapi dan kerbau, kini muncul penyakit baru yang menyerang domba dan kambing yaitu PPR (Peste des Petits Ruminants).

Walaupun kasus PPR belum ada di Sumedang, namun Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Sumedang sudah mulai antisifasi dengan cara menghimbau dan mengingatkan para peternak terhadap kemungkinan adanya serangan penyakit PPR ini.

Kepala Diskanak Sumedang Tono Suhartono mengatakan kalau pihaknya saat ini sudah mulai mensosialisasikan pada masyarakat terkait PPR ini sehingga masyarakat menjadi paham dan tahu cara antisifasinya.

"Begitu ada informasi terkait PPR kami langsung sosialisasi kepada masyarakat melalui petugas kami dilapangan sehingga peternak bisa antisifasi," jelas Tono Jumat 9 Juni 2023.

Dikatakan Tono PPR ini penyakit yang disebabkan oleh virus dan umumnya menyerang kambing dan domba.

Adapun gejala yang terlihat saat kambing ataupun domba terserang adalah demam, ingusan (bahkan yang sudah parah ingusnya berwarna hijau) nafsu makan berkurang hingga menyebabkan domba dan kambing menjadi kurus.

Ditanbahkan Tono bila ada kambing ataupun domba yang terserang PPR ini sebaiknya lekas dipisah karena khawatir menyebar ke hewan lalinnya dan segera lapor ke petugas kesehwatan hewan terdekat.

Sementara lanjut Tono sebagai langkah pencegahan diharapkan peternak tetap menjaga kebersihan kandang dan melakukan penyemprotan desinvektan.

#Peternak #Diskanak #PPR #Penyakit #sumedang #erksfm #news-erks