Pesisir Pantura Jawa Barat Diprediksi Tenggelam 8 Tahun Lagi

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 20 October 2022 - 09:39 WIB

Pesisir Pantura Jawa Barat Diprediksi Tenggelam 8 Tahun Lagi

Pesisir Pantura Jawa Barat Diprediksi Tenggelam 8 Tahun Lagi — 1 bulan yang lalu


Ancaman daratan yang akan tenggelam tak hanya menghantui wilayah pesisir Banten. Wilayah pesisir di Pantai Utara (Pantura) Jawa Barat juga mengalami kondisi serupa, yang diprediksi terjadi pada 2030.

Seperti dilansir detikJabar, Climate Central melaporkan sejumlah wilayah di pesisir Pantura Jabar diprediksi bakal tenggelam dalam waktu 8 tahun lagi. Ancaman itu pun bisa terlihat melalui peta Climate Central mengenai sebaran wilayah yang akan tenggelam pada 2030.

Seperti diketahui, Climate Central merupakan organisasi berita nirlaba yang menganalisis dan melaporkan berkaitan tentang iklim. Organisasi ini terdiri dari ilmuwan dan jurnalis sains yang fokus terhadap isu perubahan iklim dan isu-isu energi.

Wilayah yang diprediksi akan tenggelam berdasarkan peta Climate Central tersebar dari mulai Bekasi, Karawang, Subang, Indramayu, hingga Cirebon. Dari sebaran pemetaannya, ancaman ini akan menenggelamkan sejumlah fasilitas publik, mulai kantor desa, sekolah, hingga kantor kepolisian.

Ancaman wilayah pesisir Pantura Jawa Barat ini sempat disinggung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Kang Emil, sapaan akrabnya, menyebut sekitar 200 hektare tanah di Kabupaten Bekasi hilang karena permukaan air laut yang naik.

"Cirinya permukaan laut naik. Di Bekasi sekitar 200 hektare. Sertifikatnya ada, tapi tidak ada tanahnya," kata Ridwan Kamil, Kamis (16/6).

Sementara itu, berdasarkan dokumen 'Integrasi Materi Teknis Perairan Pesisir ke dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Jawa Barat' DKP Jabar, selama delapan tahun atau dari 2013 hingga 2021, luas wilayah pengelolaan DKP Jabar bertambah. Artinya, ada penambahan ruang laut.

Menurut peta Badan Informasi Geospasial (BIG), pada 2013 luas wilayah laut yang dikelola Pemprov Jabar seluas 1.549.317 hektare. Kemudian, pada 2021, luas wilayah laut Pemprov Jabar seluas 1.655.121 hektare. Artinya, luas wilayah laut Pemprov Jabar bertambah sekitar 105.804 hektare.

#Ancaman #PesisirPantura #JawaBarat #BIG #sumedang #erksfm #news-erks