Perpustakaan Digital Sumedang Bidik 80 Ribu Pembaca

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 17 June 2021 - 12:48 WIB

Perpustakaan Digital Sumedang Bidik 80 Ribu Pembaca

Perpustakaan Digital Sumedang Bidik 80 Ribu Pembaca — 1 tahun yang lalu


Di masa pandemi, kebutuhan warga Sumedang terhadap referensi atau sumber bacaan tidak hilang begitu saja. Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Sumedang H. Dikdik Sadikin mengatakan, masih ada sejumlah orang yang membutuhkan pelayanan perpustakaan, bahkan sedikit memaksa.

“Jadi… ya kami izinkan, dengan syarat tetap menjalanan prokes dan tidak boleh di dalam ruangan,” kata Dikdik, Kamis (17/6). 

Jadi, lanjut Dikdik, bagi yang mau pinjam buku tinggal minta ke petugas, buku apa yang mau dibaca. Petugas akan membantu mengambilkan, dan akan menyiapkan tempat di luar ruangan.

“Buat anggota perpustakaan, buku boleh dipinjam untuk dibawa pulang,” katanya. 

Terkait perpustakaan digital, Dikdik menyebutkan, pada tahun 2020 pihaknya membuat perpustakaan digital dengan target 80 ribu pembaca, yang disebar di pondok pesantren hingga kecamatan.

“Namun, pelaksanaannya memang belum maksimal. Kami berupaya dengan bergerilya, keliling dalam satu atau dua minggu sekali, guna mengoptimalkan perpustakaan digital,” katanya.

Pihaknya sudah memasang perangkat perpustakaan digital di sejumlah SKPD.

“Bahkan kemarin di Polres, kami juga sudah melakukan launching perpustakaan digital,” katanya.

Pengakses perpustakaan digital paling banyak, kata Dikdik, adalah para santri di ponpes-ponpes. 

“Pengguna memasang aplikasi Ipusnas. Di sini, pembaca bisa meminjam buku secara online, dan di dalamnya ada ribuan judul yang bisa diakses,” tandasnya. (*)

#perpustakaansumedang #perpustakaandaerah #perpustakaandigital #sumedang #erksfm #news-erks