Pernah Buka Waris Tapi Butuh Rutilahu, Apa Bisa?

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 26 August 2020 - 19:33 WIB

Pernah Buka Waris Tapi Butuh Rutilahu, Apa Bisa?

Pernah Buka Waris Tapi Butuh Rutilahu, Apa Bisa? — 2 tahun yang lalu


eRKSNews -- Sempat viral di sosial media, kondisi rumah tak layak huni milik nenek renta warga Dusun Cempaka Putih RT 03 RW 06 Desa Cigendel, Kecamatan Pamulihan, Sumedang.

Postingan kali pertama ditulis pemilik akun Fakhira Kamil, kemudian diteruskan oleh pemilik akun lainnya.

Saat dikunjungi awak media, rumah itu memang rusak. Beberapa sudah lapuk. Mak Anah (80), sempat mengalami sakit selama hampir dua minggu.

 “Alhamdulillah sekarang sudah mulai sehat. Biasa penyakit sudah tua. Penyakit darah tinggi, belum ke dokter sudah dua minggu lalu. Ada BPJS, namun dia nggak mau,” ungkap Ani, putri Mak Anak.

Dikatakan dia, memang sangat berharap rumah Mak Anah dapat diperbaiki. 

“Inginnya sih segera diperbaiki, karena seperti ini buktinya. Butut. Menginginkan adanya bantuan,” ungkapnya.

Mak Anah sendiri sempat mendapat bantuan sebesar Rp300 ribu.

Mulyana selaku Kepala Desa Cigendel, tak menampik jika ada rumah warganya yang tak layak huni. Selama dua tahun menjabat sebagai kepala desa, dia mengaku belum ada realisasi untuk perbaikan rutilahu, termasuk tambah daya listrik.

“Informasi dari Ketua RW, Bu Anah beberapa bulan lalu sudah melaksanakan buka waris, seolah dia mampu. Dia menumpang di anaknya, yang tinggal di atas tanah kas desa.”

“Makanya, saya tidak bisa mengajukan rutilahu karena yang namanya rumah warga seandainya mau ada bantuan rutilahu, bersyarat SPPT. Dana Desa tidak bisa menganggarkan untuk rutilahu yang letaknya di tanah kas desa,” tandasnya. 

#rutilahu #sumedang #kasdesa #cigendel #pamulihan