Pengendara Wajib Tahu! 3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik via Tol Cisumdawu

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 04 May 2023 - 08:00 WIB

Pengendara Wajib Tahu! 3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik via Tol Cisumdawu

Pengendara Wajib Tahu! 3 Hal yang Harus Diperhatikan saat Mudik via Tol Cisumdawu — 1 tahun yang lalu


Tol Cisumdawu direncanakan akan dipakai untuk arus mudik lebaran 2023. Mengingat kondisi yang masih fungsional, pengendara wajib mengetahui beberapa kondisi ini.

Ruas Jalan Tol Cileunyi Sumedang Dawuan sepanjang 61,385 kilometer, menjadi salah satu jalur yang akan dipakai untuk mudik.

Kendati ruas tol ini, sebagian masih digratiskan yakni Seksi 4 sampai dengan 6, karena berstatus fungsional.

Karenanya, saat melintasi ruas tol ini, pengendara harus ekstra hati-hati, mengingat konstruksi pada beberapa lokasi yang masih belum selesai sepenuhnya.

Kemudian, Tol Cisumdawu juga belum didukung dengan fasilitas bagi pemudik untuk istirahat yakni rest area. Sehingga butuh mengatur rencana perjalanan.

Berikut 3 hal yang harus diperhatikan pengendara saat mudik via Tol Cisumdawu:

1. Rest Area

Pekerjaan Tol Cisumdawu saat ini masih fokus pada penyelesaian konstruksi di sejumlah area. Karenanya, belum ada rest area di tol sepanjang 61,385 kilometer ini.

Pemudik tentu harus memperhatikan kecukupan bahan bakar minyak (BBM), sehingga tidak mengalami kesulitan saat melintas.

Sebagai informasi, rest area terdekat bila Tol Cisumdawu dan Cipali sudah tersambung ada di Kilometer 166 yakni Kecamatan Dawuan, Kabupaten Majalengka.

Atau, pengendara bisa keluar lebih dahulu di dbeberapa pintu tol seperti Jatinangor, Pamulihan, Sumedang Kota maupun Cimalaka, untuk mengisi BBM di SPBU.

2. Sebagian Masih 1 Jalur

Sebagian Jalan Tol Cisumdawu kemungkinan hanya bisa dilewati 1 jalur oleh kendaraan, terutama di Seksi 5 yang sebagian belum selesai.

Terdapat 3 lokasi di Seksi 5 yang kemungkinan hanya bisa dilintasi 1 jalur dari arah Bandung ke Majalengka yakni di Seksi 5A STA 40+200, Seksi 5A STA 40+65 dan di Seksi 5B STA 51+000.

Pada 3 lokasi tersebut, masih berlangsung konstruksi untuk badan jalan dan jembatan, sehingga pengendara harus ekstra waspada.

3. GTO Paseh

Sampai dengan sekarang, Gerbang Tol Otomatis (GTO) Paseh masih belum selesai, berikut dengan Interchange Legok - Paseh di Seksi 4.

Karena itu, pengendara dari arah Bandung yang hendak mudik ke Sumedang, terutama di sekitar Kecamatan Paseh dan Legok, untuk sementara hanya bisa keluar di Gerbang Tol Cimalaka.

Sebab, main road ke arah Paseh, masih dalam pengerukan dan diprediksi tidak akan selesai pada arus mudik lebaran 2023 nanti.

Seperti diketahui, Jalan Tol Cisumdawu akan dibuka fungsional dalam rangka mendukung arus mudik Lebaran 2023 sepanjang 29,165 Km yang terdiri dari Seksi 4 Cimalaka - Legok (8,2 Km), Seksi 5 Legok - Ujung Jaya (14,9 Km), dan Seksi 6 Ujung Jaya - Dawuan termasuk Junction Dawuan (6,065 Km).

Pada 15 April 2023, kondisi mainroad pada Seksi 4 - Seksi 6 ditargetkan sudah selesai Jalur A dan Jalur B kecuali lokasi yang perlu perhatian khusus yaitu Seksi 5A di Sta 40+200 dan Sta 45+050 serta Seksi 5B di Sta 51+000.

Terhubungnya Jalan Tol Cisumdawu ini akan memberikan peran penting guna memperlancar arus mudik dari arah Tol Cipali menuju Tol Cisumdawu atau sebaliknya.

Demikian 3 hal yang harus diperhatikan pengendara saat mudik menggunakan Jalan Tol Cisumdawu yang belum 100 persen selesai pada 15 April 2023 nanti.

#Mudik #TolCisumdawu #Pengendara #sumedang #erksfm #news-erks