Pemerintah Prediksi Puncak arus Mudik Lebaran 2023, Terjadi pada 21 April

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 07 April 2023 - 08:00 WIB

Pemerintah Prediksi Puncak arus Mudik Lebaran 2023, Terjadi pada 21 April

Pemerintah Prediksi Puncak arus Mudik Lebaran 2023, Terjadi pada 21 April — 1 tahun yang lalu


Pemerintah memprediksi puncak arus mudik lebaran 2023 terjadi pada 21 April.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan dengan adanya penambahan dan pergeseran cuti bersama, masyarakat diharap bisa menghindari puncak arus mudik itu.

"Pertimbangan menggeser tanggal cuti bersama dan menambah satu hari ini adalah untuk beri kesempatan masyarakat ambil cuti lebih awal, sehingga dapat menghindarkan dari penumpukan massa pada puncak mudik yang waktunya diperkirakan bersamaan dengan perayaan Idul fitri yakni 21 April 2023," kata Muhadjir dalam konferensi pers, Rabu (29/3).

Berdasarkan survei dari Kementerian Perhubungan, ia menyebut ada 123 juta orang yang diprediksi mudik tahun ini.Jumlah tersebut naik dari pemudik tahun lalu yang diperkirakan 85 juta orang.

"Saya berharap siapa saja memanfaatkan kesempatan baik ini agar penambahan cuti bersama ini membuat perencanaan mudik lebaran akan lebih baik dan matang sehingga terhindar dari kemacetan," katanya.

Sebelumnya, Direktur Penegakan Hukum (Dirgakkum) Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan mengatakan kendaraan mudik akan mulai padat sejak 18 April hingga 21 April.

Perkiraan itu muncul setelah pemerintah memajukan cuti bersama lebaran menjadi 19 April.

"Kemarin Pak Menhub sudah mengusulkan untuk cuti bersama dimajukan tanggal 19 (April). Jadi kita prediksi 18 malam ini sudah mulai ada kepadatan," ujarnya, Selasa (28/3).

#Pemerintah #Mudiklebaran #Prediksi #MenkoPMK #sumedang #erksfm #news-erks