Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Kini Jadi 10 T

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 30 September 2020 - 17:19 WIB

Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Kini Jadi 10 T

Pelayanan Kesehatan Ibu Hamil Kini Jadi 10 T — 2 tahun yang lalu


eRKSNews – Dinas Kesehatan Sumedang melaksanakan Orientasi Buku Kesehatan Ibu dan Anak bagi lintas sektor percepatan perbaikan gizi untuk penanggulangan Stunting, di Hotel Hanjuang Hegar, Cimalaka, Rabu (30/9/2020). 

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat pada Dinas Kesehatan Kabupaten Sumedang, Nia Sukaeni, mengatakan, kegiatan orientasi buku kesehatan ibu dan anak, bisa jadi bahan edukasi dan konseling.

Isi buku mulai halaman pertama sampai terakhir terkait pemeriksaan ibu hamil, dan tindakan-tindakan jika ibu hamil tersebut atau ibu nifas sedang berisiko.

“Sehingga harus diwaspai dan mendapatkan penanganan lebih lanjut ke tingkat yang lebih tinggi yakni dirujuk ke dokter spesialis kandungan,” ungkapnya.

Dikatakannya, dalam buku panduan disebutkan pemeriksaan ibu hamil sekarang 6 kali selama kehamilan. Kalau dulu cukup 4 kali.

“Itu pun harus ada sentuhan dari dokter di Puskesmas maupun dokter spesialis, juga ada beberapa tambahan terkait pelayanan kesehatan ibu hamil, yang awalnya 5 T terus berubah lagi menjadi 7 T, dan sekarang harus 10 T itu yang harus dipenuhi oleh seorang ibu hamil,” jelasnya.

Pelayanan yang harus diberikan oleh tenaga kesehatan kepada ibu hamil adalah 10 T, terkait dengan pemeriksaan tensi atau tekanan darah, tablet tambah darah tatalaksana kasus, konseling harus diperoleh oleh ibu hamil

Sementara itu, Ketua TP PKK Kabupaten Sumedang Hj. Susi Gantini mengatakan, orientasi buku panduan ini penting sekali untuk terus disosialisasikan pada masyarakat.

“Materinya komprehensif, mulai ibu hamil kemudian melahirkan. Semua ada dalam buku,” sebutnya.

“Sehingga nanti kita akan menghasilkan generasi yang kuat, sehat, dan cerdas," sambungnya.

Susi berharap semuanya bisa memahami materi-materi tersebut.

“Mmari bersama-sama mengawal dan melaksanakan sosialisasinya," katanya. (*)

#PKK #Hamil #Ibuhamil #Kandungan