Pasca Tol Cisumdawu Diresmikan, DPRD Sumedang Minta Pemda Berbenah

Ajat Sudrajat

 - 

Wednesday, 12 July 2023 - 13:14 WIB

Pasca Tol Cisumdawu Diresmikan, DPRD Sumedang Minta Pemda Berbenah

Pasca Tol Cisumdawu Diresmikan, DPRD Sumedang Minta Pemda Berbenah — 5 bulan yang lalu


Ketua Komisi I DPRD Sumedang dari Fraksi Golkar Asep Kurnia meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemda) Sumedang bisa lebih berbenah pasca Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) diresmikan oleh Presiden RI Joko Widodo, pada Selasa (11/7/2023).

Akur, sapaan akrabnya berharap agar Sumedang bisa menjadi kota tujuan, bukan hanya sekedar kota lintasan saja.

“"Sebentar lagi kita mempunyai akses yang lebih cepat menuju Cirebon dan Bandung, yaitu dengan diresmikannya Tol Cisumdawu. Semoga bisa segera digunakan dan Sumedang nya berbenah sehingga nanti lebih menjadi tujuan terutama wisata," ujarnya, Rabu (12/7/2023).

Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo berpesan saat peresmian Jalan Tol yang ditandai dengan penempelan kartu tol otomatis dan penandatangan prasasti.

"Jalan tol ini menghubungkan Kota Bandung melalui Tol Cipularang, ke Tol Cipali. Dan supaya kita semuanya tahu Jalan Tol Cisumdawu ini sudah dimulai dibangun itu tahun 2011. Artinya, sudah 12 tahun," ujarnya.

"Dan kita berada di terowongan kembar, twin tunnel, yang panjangnya 472 meter ini. Di seluruh Indonesia tidak ada. Jalan tol yang melewati dua terowongan seperti yang kita lihat pagi ini," tambahnya.

Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkapkan, jalan tol sepanjang 61,6 km ini telah menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun. Separuh dari anggaran itu menggunakan APBN.

"Pembangunan Jalan Tol Cisumdawu sepanjang 61,6 km ini menghabiskan anggaran Rp 18,3 triliun, yang dari pemerintah Rp 9,07 triliun, sisanya dari KPBU dari swasta," ungkapnya.

Jokowi berharap beroperasinya Tol Cisumdawu akan mempermudah konektivitas menuju Bandara Kertajati. Apalagi, lanjutnya, Bandara Kertajati akan beroperasi penuh pada Oktober 2023.

"Kita harapkan, dengan airport ini selesai, tadi saya sudah sampaikan pagi, Airport Kertajati, Jalan Tol Cisumdawu selesai, Airport Kertajati nanti di bulan Oktober sudah operasional penuh. Sekarang sudah dimulai dengan penerbangan embarkasi haji Jabar dan beberapa penerbangan yang sudah masuk," tuturnya.

#DPRDSumedang #Pemda #TolCisumdawu #Berbenah #sumedang #erksfm #news-erks