Operasi ODOL di Rancamulya Diduga Bocor

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 08 June 2021 - 16:15 WIB

Operasi ODOL di Rancamulya Diduga Bocor

Operasi ODOL di Rancamulya Diduga Bocor — 1 tahun yang lalu


Petugas gabungan menggelar operasi over dimension over loading (ODOL) untuk menertibkan angkutan yang kelebihan muatan di Kawasan Desa Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara, Sumedang, Selasa (9/6).

Operasi ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan jalan akibat beban berat dari kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas standar.

Petugas gabungan merupakan personel dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perhubungan Kabupaten Sumedang serta Satlantas Polres Sumedang.

Dalam operasi ini petugas memberhentikan satu per satu kendaraan truk untuk dilakukan pengecekan dengan menggunakan timbangan portable weight in motion atau WIM, untuk menimbang kendaraan yang muatannya melebihi kapasitas.

Namun, petugas menduga informasi operasi ini telah bocor sebelumnya, karena saat razia berlangsung, tak ada satu pun truk tronton yang melintas.

“Penertiban kendaraan ini dilakukan untuk mengurangi kerusakan jalan. Jalan Sumedang-Wado ini kan merupakan jalan kelas 3, yang fungsi dimensi serta mst hanya delapan ton, sehingga truk-truk besar tersebut tidak sesuai dengan kapasitas kelas jalan,” papar Sekretaris Dishub Sumedang Atang Sutarno.

Sebelumnya, warga mengaku resah dengan banyaknya truk tronton pengangkut batu dari tambang Gunung Julang Kawasan Cisitu di Jalur Sumedang Wado.

“Selain menyebabkan jalan rusak, truk-truk besar juga sering mengakibatkan kemacetan,” kata Asep, warga Desa Rancamulya.

#operasi #rancamulya #dishub #sumedang #erksfm #news-erks