Objek Wisata Kampung Karuhun, Tempat Ngabuburit Sambil Main dengan Rusa

Ajat Sudrajat

 - 

Wednesday, 29 March 2023 - 11:50 WIB

Objek Wisata Kampung Karuhun, Tempat Ngabuburit Sambil Main dengan Rusa

Objek Wisata Kampung Karuhun, Tempat Ngabuburit Sambil Main dengan Rusa — 1 tahun yang lalu


Delapan ekor rusa jenis timor (rusa timorensis) tampak tengah bergerak ke sana kemari. Sesekali rusa-rusa itu fokus pada makanan berupa sayuran yang disodorkan pengunjung.

Rusa-rusa itu berada di tempat penangkaran yang berada di area objek wisata Kampung Karuhun di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang.

Rusa-rusa itu didatangkan dari Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) untuk dipelihara oleh obwis Kampung Karuhun. Dari delapan ekor rusa yang ada, salah satu di antaranya bahkan baru terlahir di sana.

Pemilik Obwis Kampung Karuhun ECO Green Park Sumedang, Nana Mulyana mengatakan, Kampung Karuhun telah menjadi salah satu tempat penangkaran rusa di Jawa Barat. Rusa-rusa yang ada didatangkan dari Litbang BKSDA Bogor.

"Jumlahnya ada delapan ekor dan jenisnya adalah rusa timor," ungkap Nana kepada detikJabar belum lama ini.

Nana menyebut, luas penangkaran rusa di Kampung Karuhun ada sekitar 5.000 meter persegi. Penangkaran rusa tersebut menjadi wahana tambahan bagi objek wisata Kampung Karuhun.

"Wisatawan bisa datang, sambil menikmati keindahan Kampung Karuhun sambil kontak langsung atau memberi makan rusa. Rusa-rusa yang ada sudah jinak dan sudah beradaptasi dengan orang," terangnya.

Dalam memelihara rusa-rusa tersebut, Nana pun tidak sembarangan. Ia pun telah mengantongi izin dari BKSDA. Bahkan rencananya, ke depan Kampung Karuhun bakal seperti mini zoo (kebun binatang mini).

"Rencana ke depan kami ingin menjadikan Kampung Karuhun sebagai mini zoo, ke depannya seperti itu," ucapnya.

Khusus selama bulan Ramadan, objek wisata Kampung Karuhun memberikan potongan harga tiket masuk sebesar 50 persen kepada seluruh pengunjung. Dari yang semula Rp30.000 menjadi Rp15.000.

Kampung Karuhun dikenal dengan objek wisata yang menyuguhkan pemandangan hutan dengan aliran sungainya. Beragam wahana ada disini, mulai dari kolam renang, penginapan, saung-saung serta kulineran.

Bagi anda yang doyan berswafoto, jangan khawatir, banyak spot foto cukup ciamik di sini. Itu kenapa objek wisata satu ini bisa jadi pilihan, bagi anda yang ingin mengisi waktu ngabuburit anda bersama keluarga.

#ObjekWisata #Sumedang #Kampungkaruhun #Ngabuburit #Rusa #sumedang #erksfm #news-erks