Misteri Ledakan Sebelum Longsor Cimanggung Terjadi

Iwan Ingkig

 - 

Wednesday, 13 January 2021 - 22:25 WIB

Misteri Ledakan Sebelum Longsor Cimanggung Terjadi

Misteri Ledakan Sebelum Longsor Cimanggung Terjadi — 2 tahun yang lalu


Kepala RA Nurul Islam, Dusun Bojong Kondang Desa Cihanjuang Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Totoh Gozali mengatakan, sebelum kejadian tanah longsor, terdengar suara ledakan.

“Kami kira itu ledakan dari tabung gas. Setelah ledakan, terjadilah longsoran cukup besar, hanya dalam hitungan menit. Kami langsung menghubungi Babinsa, Babinkamtibmas dan Pemdes. Lalu kami lakukan semampunya untuk membersihkan longsoran tanah,” paparnya, Rabu (13/1).

Namun, lanjutnya, ketika baru beberapa jam mencari korban yang tertimbun, terdengar kembali ledakan yang kedua.

Kemudian, kata Totoh Gozali, setelah ledakan yang kedua terjadi lagi longsoran kedua yang menelan korban jiwa cukup banyak.

“Kejadian itu membuat kami panik, bahkan Danramil yang kami cintai serta Kasie Trantib Kecamatan Cimanggung meninggal dunia tertimbun tanah longsoran,” ungkapnya.

“Sebenarnya, bangunan kami ini utuh, tidak tertimpa longsoran. Namun karena mengganggu akses evakuasi, bangunan kami dibongkar,” sambungnya lagi.

Totoh berharap dengan dibongkar bangunannya, ada pergantian dari pemerintah tapi demi memperlancar evakuasi, pihaknya merelakannya. (*)

#longsor #cimanggung #sumedang #erksfm #news-erks