Mimpi Sumedang Bangun Kawasan Industriapolis di Lahan 900 Hektare

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 07 August 2022 - 08:00 WIB

Mimpi Sumedang Bangun Kawasan Industriapolis di Lahan 900 Hektare

Mimpi Sumedang Bangun Kawasan Industriapolis di Lahan 900 Hektare — 2 bulan yang lalu


Pemerintah Kabupaten Sumedang berencana membangun sebuah kawasan Industriapolis di Buahdua-Ujungjaya-Tomo (Butom). Sebagai tahap awal akan dibangun di wilayah Buahdua dengan luas sekitar 900 hektare.

Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir mengatakan saat ini Pemkab Sumedang tengah menyiapkan kajian terkait Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) untuk rencana tersebut. 

Nantinya kawasan ini akan menjadi masa depan pertumbuhan perekomomian.

"Sekarang sedang membuat AMDAL-nya dulu, untuk RTRW (Rencana Tata Ruang Wilayah) sudah terpenuhi untuk di wilayah Buahdua, sebagai langkah awal akan dibangun di Buahdua sekitar 900 hektar," ungkap Dony kepada wartawan belum lama ini.

Dony menjelaskan nantinya proses pengerjaan akan difokskan untuk pembangunaninfrastruktur. Pemkab Sumedang telah melakukan kerjasama dengan pihak swasta, diantaranya satu investor domestik dan satu investor luar negeri.

"Jadi pertama kita membangun kawasannya dulu, membangun infrastruktur seperti untuk jalannya, saluran airnya, sanitasinya dan infrastruktur lainnya," terangnya.

Dari rencana 900 hektar yang akan dibangun, nantinya 200 hektar diantaranya akan dibawah pengelolaan Pemda atau milik Pemda.

"Biasanya kan pengelolaannya semuanya jadi milik swasta tapi kalau di Sumedang kami minta berapa persennya menjadi milik Pemda," katanya.

Dony berharap dengan adanya kawasan Industriapolis dapat membuka lapangan pekerjaan khususnya bagi masyarakat Sumedang terutama di Butom bahkan saat ini sudah ada dua perusahaan yang mengisi kawasan tersebut.

"Kawasan Butom ini sangat strategis jika ditinjau dari akses transportasi, untuk jalur darat ada akses tol Cisumdawu, untuk akses laut ada pelabuhan di Indramayu, untuk transportasi udaranya ada BIJB Kertajati," kata Dony.

#PemkabSumedang #Industriapolis #Buton #AMDAL #RTRW #Pemda #sumedang #erksfm #news-erks