Miliki 67 LPK, Sumedang Lantik Pengurus HILLSI

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 09 December 2020 - 14:59 WIB

Miliki 67 LPK, Sumedang Lantik Pengurus HILLSI — 2 tahun yang lalu


Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang menggelar Pelantikan Pengurus DPC Himpunan Lembaga Pelatihan Seluruh Indonesia (HILLSI) Kabupaten Sumedang Periode 2020-2025, di Aula Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang, Rabu (9/12).

Ketua DPD HILLSI Provinsi Jawa Barat Hj. Eti Rusmiati mengatakan, Lembaga Pelatihan dan Kursus (LPK) memiliki wadah, yakni HILLSI.

“Ini merupakan wadah yang benar-benar tempat mencetak tenaga kerja atau pelaku usaha di Sumedang. Di Sumedang terdapat 67 LPK, dan 35 di antaranya masih aktif,” katanya.

Menurutnya, dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Barat, kini tinggal 5 DPC HILLSI yang belum dilantik, dan akhir tahun ini dipastikan seluruhnya tuntas.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang Asep Sudrajat mengatakan, kegiatan ini sangat luar biasa.

“Lembaga pelatihan ini betul-betul tumbuh dan berkembang dari masyarakat, dan potensial dalam menghasilkan pelaku-pelaku usaha,” katanya.

Ini, sambungnya, bisa dijadikan mitra pemerintah sekaligus jadi bagian dari solusi. 

“Misalnya saja, ketika kita mau ngirim tenaga kerja ke Jepang, itu sangat sulit. Tapi setelah menggandeng LPK, bisa langsung ditempatkan,” ungkapnya.

Ketua DPC HILLSI terpilih, Ati Rohaeti, mengatakan, setelah dilantik merasa tertantang untuk memajukan LPK yang ada di Sumedang.

“Namun, untuk rancangan program dan peningkatan kemitraan, kami harus bersilaturahmi dan berkoordinasi dulu dengan semua pengelola LPK,” sebutnya. (*)

#HILLSI #lembagapelatihan #LPK #wirausaha #disnakertrans #sumedang #erksfm #news-erks