Menteri PPPA Soroti Kaum Rentan dalam Mitigasi Bencana

Agus

 - 

Friday, 22 January 2021 - 22:31 WIB

Menteri PPPA Soroti Kaum Rentan dalam Mitigasi Bencana

Menteri PPPA Soroti Kaum Rentan dalam Mitigasi Bencana — 2 tahun yang lalu


Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), I Gusti Ayu Bintang Darmawati Puspayoga, dampingi Bupati Sumedang Dony Ahamd Munir beserta ibu Atalia Praratya Ridwan Kamil Ketua Jabar mengunjungi lokasi pengungsian di zona 2 Taman Burung Perum SBG, korban Longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, pada Jumat 22/01/2021.

Dalam kunjungannya, Mentri PPPA menemui warga di tenda pengungsian, juga berdialog dengan korban longsor, terkhusus perempuan, serta menyempatkan bermain bersama anak-anak dan meyerahkan bantuan.

"Kami hadir untuk memastikan mandat dari Undang-undang Bencana bahwa perempuan, ibu hamil menyusui, anak dan disabilitas, itu adalah kelompok rentan yang harus diprioritaskan dalam mitigasi bencana," ujar Mentri PPPA Bintang Puspayoga pada awak media

Melihat penanganan bencana longsor, Mentri PPPA mengapresiasi gerakan pendampingan dari provinsi Jabar dan Kabupaten Sumedang.

"Saya mengapresiasi gerakan pendampingan dari provinsi dan kabupaten. Namun melihat posko dan tenda dalam di situasi yang sulit ini, harus dipastikan protokol kesehatan berjalan," tuturnya.

Lebih lanjut, disebutkan kementrian PPPA, di titik-titik pengungsian, pihaknya akan berupaya membangun pos ramah perempuan anak. Di pos itu ada ruang yang aman nyaman bagi perempuan dan anak.

"Belajar dari pengalaman, mudah-mudahan tidak terjadi kekerasan seksual di pengungsian ini, toilet perempuan dan laki laki juga harus terpisah," tandasnya. (*)

#perempuan #anak #PPPA #pos #Menteri #sumedang #erksfm #news-erks