Mengenal Komunikasi Persuasif Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Redaksi eRKS FM

 - 

Saturday, 15 July 2023 - 07:25 WIB

Mengenal Komunikasi Persuasif Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Mengenal Komunikasi Persuasif Dalam Kehidupan Sehari-Hari — 5 bulan yang lalu


Mari mengenal lebih jauh mengenai komunikasi persuasif, dalam kehidupan sehari hari secara sadar maupun tidak kita sudah melakukan komunikasi persuasif atau mendengar percakapan yang mengandung kalimat persuasif seperti di lingkungan tempat tinggal,kampus,tempat kerja dan lain sebagainya. Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang bertujuan untuk mengubah atau memengaruhi kepercayaan, sikap, dan perilaku seseorang 

sehingga bertindak sesuai dengan apa yang diharapkan oleh komunikator. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata persuasif mempunyai arti bersifat membujuk secara halus (supaya menjadi yakin). Sebagai contoh: hanya dengan cara persuasif pendekatan itu dapat dilakukan.
Komunikasi persuasif merupakan proses penyampaian pesan yang dimaksudkan untuk memperkuat, membentuk ataupun mengubah tanggapan seseorang. Atau lebih tepatnya berguna untuk mempengaruhi orang lain supaya sependapat dengan komunikator. Komunikasi persuasif sendiri indentik dengan komunikasi yang sifatnya membujuk orang lain tanpa adanya paksaan untuk sependapat dengan pembicara. 

Selain itu banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan ketidakberhasilan persuasif itu sendiri faktor faktor utamanya adalah :

1. sumber pesan/ komunikator yang mempunyai kredibilitas yang tinggi, contohnya seseorang yang mempunyai pengetahuan tentang apa yang disampaikannya

2. Pesan itu sendiri (apakah masuk akal/ tidak)

3. Pengaruh lingkungan

4. Pengertian dan kesinambungan suatu pesan (apakah pesan tersebut diulang-ulang)

Namun faktor-faktor ini tidak berjalan secara bertahap. Pada banyak kasus, faktor-faktor ini saling tumpang tindih selain itu strategi persuasif sangat berperan dalam penyampaian komunikasi persuasif itu sendiri, Persuasi membutuhkan penyajian fakta yang jujur ​​dan terorganisir dengan baik di mana seseorang dapat memilih untuk bertindak.

Persuasif dalam komunikasi melibatkan:

1. Memahami Produk, Layanan, atau Ide

Pembicara perlu mengetahui produk, ide, atau layanan dengan cukup baik.
Kemudian, diinformasikan dengan baik tentang produk kepada pendengar.
Produk harus digunakan, dan penggunaan produk harus dipantau.Selain itu, harus membandingkan produk dengan pesaing di pasar.Bisa dengan cara meminta umpan balik dari orang lain.Sebagai contoh, pembicara harus mengetahui jawaban dari pertanyaan berikut:

1. Apa gunanya barang atau layanan itu bagi penggunanya?

2. Apa saja fitur-fiturnya yang lebih unggul dari yang lain? (desain, manufaktur, manfaat penerima)

3. Apa yang membuat produk atau ide berbeda dan lebih unggul dari yang lain?

4. Berapa biaya yang harus ditanggung pengguna?

2. Pengetahuan tentang Pendengar

Pembicara perlu mengetahui pengetahuan berikut ini:

Kepada siapa pesan ditujukan?

1. Apa keinginan dan kebutuhan konsumen?

2. Apakah pesan ditujukan kepada individu atau sekelompok individu?

3. Jika sekelompok individu, apa kesamaan antara individu-individu dalam kelompok itu?

4. Apa tujuan, pekerjaan dan pendidikan yang dikejar oleh kelompok individu?

5. Berapa banyak persyaratan mereka yang telah dipenuhi dengan produk ini atau produk lain?

6. Bagaimana perbedaan budaya akan mempengaruhi produk Anda?

Adapun contoh kaliamt persuasif yang sering kita lihat atau denganr di kehidupan sehari hari Untuk menambah pengetahuan Kamu tentang komunikasi persuasif, ada beberapa contoh yang bisa Kamu baca di bawah ini. Dengan beberapa contoh tersebut, Kamu bisa melakukan analisis mengenai bagaimana komunikasi persuasif ini digunakan dan mana teori yang cocok dengannya.

Adapun contoh komunikasi persuasif yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1. Iklan Lowongan Kerja

Dirgahayu Indonesia sebagai perusahaan kain tenun terbesar memberi kesempatan kepada seluruh mahasiswa yang baru lulus atau fresh graduate untuk menjadi bagian dari perusahaan kami.

Posisi yang dibutuhkan adalah administrasi, general affair, accounting, management trainer. Fasilitas yang didapat berupa tunjangan kesehatan, tunjangan hari tua, intensif, dan kesehatan gigi.

Segera kirimkan CV dan pas foto ke alamat kami: PT. Dirgahayu Indonesia Jalan Marga Guna No. 56, Jatibaru, Jakarta Raya.

2. Iklan Produk

Kami PT. Telecom Indonesia Teknologi memberikan penawaran menarik untuk produk seperti televisi, handphone, AC, mesin cuci yang bermerk merah merona diskon 45% dengan garansi dua tahun. Penawaran ini berlaku sampai 31 Januari 2018.

3. Iklan Layanan Masyarakat

Ayo bunda, lindungi buah hati kita dari penyakit difteri dengan cara suntik imunisasi difteri. Sayangi buah hati kita! Mencegah lebih baik daripada mengobati.Prinsip umum komunikasi persuasif

Terdapat enam prinsip persuasi yang efektif, sebagai berikut:

1.Timbal Balik

2. Kelangkaan

3. Otoritas

4. Komitmen dan konsistensi

5. konsensus

6. Menyukai

Adapun ciri ciri kalimat persuasif sebagai berikut :

1. Mempunyai Makna Ajakan

2. Menambahkan Tanda Seru

3. Berkaitan dengan Kegiatan Promosi

4. Menggunakan Kata Ajakan

5. Disampaikan dengan Kreatif
 

Fungsi Kalimat Persuasif 

Kalimat persuasif berfungsi untuk membujuk dan mendorong pembaca atau pendengar agar terpengaruh dalam melakukan sesuatu yang dikehendaki. Dengan begitu, kalimat yang menarik diperlukan agar pembaca tertarik melakukannya. Berikut fungsi kalimat persuasif:

1. Sebagai Kalimat Perintah
Kalimat persuasif sering digunakan untuk memberi perintah secara langsung kepada seseorang.

2. Sebagai Bahan Promosi
Kalimat persuasif paling erat kaitannya dengan kalimat promosi. Biasanya dilakukan untuk membuat konsumen tertarik dengan suatu produk yang ditawarkan.

Jenis-jenis Kalimat Persuasif


Kalimat persuasif juga mempunyai beragam jenis. Berikut ini adalah jenis-jenis kalimat persuasif:

1. Kalimat Persuasif Pendidikan
Kalimat persuasif kerap digunakan di dunia pendidikan untuk mencapai tujuan tertentu. Biasanya digunakan oleh dosen, guru, mahasiswa, menteri pendidikan, dan lain sebagainya.


2. Kalimat Persuasif Politik
Kalimat persuasif juga lumrah digunakan dalam dunia politik. Kalimat ini mengandung ajakan yang mengarah pada bidang politik sehingga disusun dalam bentuk kalimat persuasif.

3. Kalimat Persuasif Advertensi
Kalimat jenis ini digunakan untuk mengenalkan atau pempromosikan seuatu peroduk atau jasa sehingga dikenal oleh khalayak luas. Kalimat ini perlu disusun secara matang dan kreatif agar berpengaruh pada produk yang ditawarkan.

4. Kalimat Persuasif Propaganda
Kalimat persuasif jenis propaganda ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan informasi tertentu mengenai suatu topik. Kata propaganda ini cenderung dianggap negatif. Namun pada umumnya kalimat ini digunakan untuk meyakinkan orang dengan suatu ide atau gagasan.

Adapun beberapa contoh kalimat persuasif yang sering kita dengar di kehidupan sehari hari:

Kenali, cermati, tentukan pilihanmu!,Ayo belajar dengan giat agar sukses di kemudian hari!,Ayo segera selesaikan pekerjaan rumahmu dengan benar!,Lapar di tanggal tua? Datanglah ke outlet kami!,Ayo kita menanam pohon untuk menyelamatkan bumi!,Ayo hidup sehat sebelum penyakit menyerang!,Mari olahraga untuk tenangkan jiwa,Waspadalah jika kalian berada di jalan raya, karena bisa jadi ada orang yang mengikuti anda atau bisa jadi orang tersebut penjahat,Buanglah sampah pada tempatnya!,Mari kita tanamkan dan lestarikan budaya nenek moyang kita agar tidak punah,Jaga lingkungan, jaga masa depan!,Perut keroncongan di tanggal tua? Yuk, datang ke cafe kami dan dapatkan promo menarik!,Hentikan merokok sebelum candu rokok melekat pada diri Anda!,Janganlah kita terpengaruh akan budaya-budaya orang barat, karena kemungkinan besar bisa membawa dampak negatif dalam kehidupan kita!,Mari kita jaga kesehatan tubuh kita dengan makanan bergizi dan olahraga teratur,Beristirahatlah ketika kamu merasa mengantuk!,Jangan ragu-ragu, ayo berkunjung ke Pantai Menganti!,Ayo gunakan produk asli dalam negeri!,Marilah menerapkan hidup sehat!,indarilah pemakaian barang-barang haram!,Belilah produk ini dan rasakan jutaan manfaatnya!,Gunakanlah sampo ini dan dapatkan rambut yang hitam berkilau!,Ayo dapatkan cashback Rp50 ribu untuk setiap follower yang membeli di akun IG kami,Ayo beli produk kami karena yang lain belum tentu berkualitas,Jangan khawatir, dapatkan jaminan garansi 5 tahun untuk smartphone, khusus pembelian hari ini!,Kamu butuh catering dengan harga murah untuk acara kamu? Outlet kami solusinya!,Ingat 3M: Menimbun, Menguras, dan Mengubur untuk cegah DBD,Membaca buku 15 menit, bermanfaat seumur hidup, yuk ke perpustakaan!,Butuh uang? Pinjam saja di sini.,Jangan boros, masih ada hari esok!

#Persuasif #Komunikasi #KomunikasiPersuasif #sumedang #erksfm #news-erks