Melaju ke Final! Ini 5 Fakta Unik Kemenangan Prancis Atas Maroko

Ajat Sudrajat

 - 

Thursday, 15 December 2022 - 13:55 WIB

Melaju ke Final! Ini 5 Fakta Unik Kemenangan Prancis Atas Maroko

Melaju ke Final! Ini 5 Fakta Unik Kemenangan Prancis Atas Maroko — 2 bulan yang lalu


Timnas Prancis bakal menjadi lawan Argentina di babak final Pila Dunia Qatar 2022. 

Kepastian tersebut didapat usai skuad asuhan Didier Dechamps mengalahkan Maroko dengan skor 2-0 di semifinal melalui gol Theo Hernandez dan Randal Kolo Muani. 

Selain kelolosan Prancis ke partai puncak Piala Dunia, terdapat 5 fakta unik yang telah kami rangkum di bawah ini:

1. Hugo Lloris samai jumlah penampilan Manuel Neuer

Fakta unik yang pertama berkaitan denga tampilnya Hugo Lloris di babak semifinal Piala Dunia 2022 melawan Maroko yang membuat kiper Prancis tersebut mencatatkan penampilan ke-19 nya bersama Prancis di Piala Dunia. 

Lloris berhasil menyamai rekor penampilan terbanyak sebagai kiper di Piala Dunia yang dicatat kiper Jerman, Manuel Neuer. Lloris kemungkinan besar akan memecahkan rekor tersebut dengan tampil di laga final menghadapi Argentina.

2. Prancis meneruskan catatan tak pernah kalah setelah unggul di babak pertama

Kemenangan Prancis atas Maroko tak lepas dari gol cepat yang dicetak oleh Theo Hernandez di menit ke-5 yang kemudian dilengkapi oleh gol Randal Kolo Muani yang membuat Prancis menang 2-0. 

Kemenangan ini memperpanjang catatan Prancis yang sudah 26 laga tak pernah kalah ketika unggul di babak pertama.

3. Empat dari lima gol terakhir timnas Prancis di semifinal dicetak oleh bek

Theo Hernandez yang berposisi sebagai bek kiri mencetak satu gol dalam kemenangan Prancis atas Maroko. Hal ini membuat Prancis mencatatkan fakta unik bahwa 4 dari 5 atau 80% gol Prancis di semifinal dicetak oleh pemain yang berposisi sebagai bek. 

Dimulai dari dua gol Lilian Thuram saat menang 2-1 atas Kroasia di semifinal 1998, kemudian  Samuel Umtiti saat mengalahkan Belgia 4 tahun lalu, hingga yang terkini dicetak oleh Theo Hernandez.

4. Theo Hernandez jadi pencetak gol tercepat kedua di semifinal

Gol cepat Theo Hernandez di menit ke-5 yang membawa Prancis unggul atas Maroko merupakan gol tercepat kedua di semifinal Piala Dunia.

Hernandez hanya kalah dari gol yang dicetak pemain legendaris Brazil yakni Vava pada Piala Dunia 1958 di Swedia. Kala itu Vava mencetak gol di menit ke-2 saat melawan Prancis.

5. Randal Kolo Muani cetak gol tercepat ketiga sebagai pemain pengganti

Selain Hernandez, Randal Kolo Muani juga menjadi pencetak gol dalam kemenangan 2-0 Prancis atas Maroko. Sama seperti rekan setimnya, gol Kolo Muani juga menorehkan catatan tersendiri yakni menjadi gol tercepat ketiga yang dicetak pemain pengganti sepanjang sejarah Piala Dunia. 

Randal Kolo Muani mencetak gol setelah 44 detik masuk ke lapangan. Hanya kalah dari Morales di 2022 (16 detik) dan Sand pada edisi 1998 (26 detik).

Itulah 5 fakta unik dalam kemenangan Prancis atas Maroko di semifinal Piala Dunia 2022. Menarik untuk disimak apakah Prancis dapat mewujudkan impian mereka menjadi juara dua edisi beruntun saat menantang Argentina di partai puncak.

#PialaDunia2022 #Prancis #FaktaUnik #Olahraga #SepakBola #sumedang #erksfm #news-erks