Manfaat dan Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dalam Kehidupan

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 04 November 2022 - 10:12 WIB

Manfaat dan Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dalam Kehidupan

Manfaat dan Dampak Kemajuan Teknologi Informasi dalam Kehidupan — 3 bulan yang lalu


Seiring dengan berkembangnya zaman yang semakin pesat perkembangan teknologi juga berkembang semakin canggih. 

Salah satunya yaitu bidang teknologi informasi, yang merupakan bidang yang berkaitan sangat erat dengan perkembangan teknologi. 

Perkembangan teknologi tidak akan semaju saat ini tanpa adanya teknologi informasi. 

Secara umum teknologi informasi diartikan sebagai suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangakat keras) dan software (perangakat lunak komputer).

Menurut Wikipedia, teknologi informasi atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan Information Technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apapun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengkomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. 

TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. 

Contoh dari teknologi informasi bukan hanya komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel).

Fungsi teknologi informasi yang lainnya yaitu untuk mencari jalan keluar dari setiap permasalahan, meningkatkan kreativitas, efektivitas dan juga efisiensi dalam aktivitas yang dilakukan manusia. 

Di dalam teknologi informasi terdapat beragam fasilitas diantaranya yaitu hardware dan software untuk bisa mendukung dan meningkatkan kualitas informasi yang ditujukan kepada masyarakat secara cepat dan juga berkualitas.

Teknologi informasi memiliki fungsi yang sangat penting, karena sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Terdapat enam fungsi teknologi informasi yaitu menangkap (capture), menyimpan (storage), mengolah (processing), transmisi (transmission), mencari kembali (retrieval), dan menghasilkan (generating).

Manfaat Teknologi Informasi

Teknologi informasi juga sangat bermanfaat bagi keberlangsungan hidup manusia terutama dalam beraktifitas sehari-hari. 

Manfaat ini tentunya bisa menunjang kehidupan menjadi lebih baik karena terdapat teknologi informasi yang bisa membantu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. 

Manfaat di Dunia Bisnis

Kegiatan bisnis yang melibatkan platform online tentu sangat menggunakan teknologi informasi. 

Oleh karena itu para pelaku bisnis saat ini sangat mengandalkan teknologi canggih untuk memfokuskan strategi pemasaran mereka. Bagi para konsumen manfaat teknologi informasi yaitu akan memudahkan saat mencari barang atau jasa saat dibutuhkan dalam waktu yang cepat. Pilihannya lebih beragam dengan harga yang terjangkau.

Manfaat di Bidang Kesehatan

Peran teknologi informasi di dalam bidang kesehatan sudah sangat kita rasakan. Teknologi informasi berjasa memperbaiki manajamen klinik hingga rumah sakit. 

Staf rumah sakit saat ini tidak perlu lagi mencatat riwayat kesehatan pasien secara manual, karena mereka sudah bisa memanfaatkan komputer untuk mengarsipkan semuanya. 

Para pasien yang hendak mencari kamar ataupun meminta rincian biaya juga bisa dilayani dengan cepat, karena staf sudah bisa melakukan pencarian dengan hanya memasukkan data pasien untuk mengakses database.

Manfaat di Bidang Pendidikan

Teknologi informasi hadir di dalam dunia pendidikan dengan berbagai macam bentuk. 

Di masa pandemi saat ini dampaknya lebih terasa. Pengolahan data dengan komputer, e-learning, pengerjaan tugas semuanya harus dilakukan dengan berbasis IT. 

Hal ini disebabkan kegiatan belajar mengajar tidak bisa dilakukan secara langsung, sehingga harus mengandalkan perangkat seperti laptop atau smartphone.

Manfaat di Dunia Perbankan

Bagi nasabah mungkin sudah sangat merasakan manfaat dari kemajuan teknologi informasi. 

Manfaat yang nyata yaitu transaksi e-banking hingga pembuatan rekening bisa dilakukan secara online. Jadi tidak perlu lagi mengantre atau menempuh jarak yang jauh untuk mengurusnya.

Manfaat di Bidang Telekomunikasi

Manfaat teknologi informasi dalam bidang telekomunikasi sudah lama dirasakan oleh publik. 

Dulu jika ingin bertukar kabar dengan kerabat atau keluarga yang jauh harus menulis surat terlebih dahulu, saat ini dengan penerapan teknologi informasi yaitu hadirnya telepon genggam membuat proses tersebut lebih cepat bahkan hanya memerlukan waktu hitungan detik untuk mengirimkan pesan.

Dampak Positif Kemajuan Teknologi Informasi

Kemajuan teknologi informasi yang canggih di era perkembangan zaman saat ini menghasilkan dampak-dampak positif diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Memberikan kemudahan bagi orang-orang yang ingin mendapatkan layanan tertentu misalnya yaitu belanja online, pesan hotel online, memesan kendaraan online, pesan tiket online dan lain sebagainya.

2. Memberikan kemudahan untuk mendapatkan dan mencari segala macam informasi dengan cara mengakses lewat internet.

3. Mendapatkan sarana hiburan, contohnya mengakses sosial media maupun streaming film, video, musik dan lain sebagainya.

4. Hemat waktu, sebab bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun.

Dampak Negatif Kemajuan Teknologi Informasi

Meski memiliki banyak dampak positif, kehadiran teknologi informasi yang tidak dimanfaatkan dan digunakan secara benar dan bijak juga bisa menghadirkan dampak negatif, diantaranya yaitu sebagai berikut:

1. Pelanggaran Hak Cipta

Pelanggaran hak cipta meliputi pembajakan software, pengganggaan tanpa izin dari sang pembuat karya, dan pemakaian tanpa seizin pembuat.

2. Penipuan, Pornografi, dan Perjudian

Ketiga kejahatan tersebut sudah sangat marak terjadi di dunia online dan tentunya menjadi sisi negatif dari kemajuan teknologi informasi.

3. Kejahatan Cyber Crime

Kejahatan online ini dilakukan dengan memanfaatkan teknologi jaringan komputer. Contohnya yaitu penipuan online, pembajakan kartu kredit, dan sebagainya. Tentunya sangat memberikan kerugian yang besar, apalagi bisa dilakukan dengan lintas negara.

4. Penyebaran Malware

Penggunaan dari Malware yaitu seperti membobol atau merusak software atau sistem operasinya. 

Contohnya malware yaitu virus, keylogger, trojan, spyware, worm, dan lain sebagainya.

Semoga pemaparan di atas dapat menambah wawasan anda terkait teknologi informasi. Kemajuan teknologi informasi yang memberikan kemudahan diberbagai bidang tentu terdapat dampak negatifnya seperti yang telah dijelaskan diatas. 

Oleh karena itu kita sebagai pengguna harus menyikapinya dengan bijak.

#KemajuanTeknologi #TeknologiInformasi #sumedang #erksfm #news-erks