LPPL eRKS FM Luncurkan Jajak Pendapat Pendengar

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 20 January 2021 - 08:11 WIB

LPPL eRKS FM Luncurkan Jajak Pendapat Pendengar — 2 tahun yang lalu


Guna mengoptimalkan pelayanan informasi memalui program radio, Lembaga Penyiaran Publik Lokal eRKS FM meluncurkan survei atau Jajak Pendapat Pendengar digital Periode Januari-Maret 2021. 

Direktur LPPL eRKS FM, Elsya Tri Ahaddini, mengatakan, jajak pendapat yang baru pertama kali diluncurkan ini terfokus pada tema program atau acara radio. 

“Sejak beralih status menjadi Lembaga Penyiaran Publik Lokal pada Maret 2020, eRKS FM merancang dan melaksanakan berbagai program baru. Nah, setelah berjalan sekitar 10 bulan, tentu perlu diketahui seperti apa tanggapan pendengar,” katanya, Rabu (19/1).

Masukan dari pendengar, sambungnya, diperlukan sebagai bahan perencanaan dan evaluasi siaran radio. Cara paling mudah di masa pandemi ini, melalui survei digital.

“Sehingga tak perlu menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan pengisian kuesioner. Aplikasi ini juga sangat mudah dioperasikan,” ungkapnya.

Dikatakan Elsya, pengelola perlu mengetahui, apakah program radio sudah sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan pendengar. Lalu, pertanyaan berikutnya, apakah eRKS sudah dipandang sebagai sumber informasi yang dapat diandalkan dan memiliki kredibilitas bagi pendengar.

“Bisa jadi, eRKS masih ada kekurangan, namun kami membutuhkan informasi yang lebih rinci terkait hal itu dari pendengar, untuk memaksimalkan penataan program ke depan,” paparnya. 

Elsya menambahkan, survei ini menerapkan pendekatan partisipatif, dan bisa dipertanggungjawabkan validitasnya.

“Survei hanya berlaku bagi satu perangkat atau gadget. Jadi, seseorang tak bisa mengisi kuesioner berkali-kali,” pungkasnya. (*)

#survei #digital #informasi #gadget #sumedang #erksfm #news-erks