Longsor Cimanggung: Zona Merah Jadi Prioritas

Agus

 - 

Wednesday, 20 January 2021 - 21:13 WIB

Longsor Cimanggung: Zona Merah Jadi Prioritas — 2 tahun yang lalu


Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir meninjau lokasi pengungsian di Zona 2 Taman Burung Perum SBG dan Zona 1 SDN Cipareuag, menemui langsung para pengungsi korban Longsor Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung pada Rabu, 20/1/2020.

Bupati Sumedang memasuki setiap tenda pengungsian untuk memastikan semua kebutuhan para pengungsi terpenuhi.

Di setiap tenda, bupati bertanya langsung pada pengungsi mulai dari kebutuhan pokok seperti makanan dan air, susu, kesehatan para pengungsi, bahkan wifi serta memastikan protokol kesehatan dijalankan.

Dony pun bercengkrama dan menghibur anak anak yang berada di tenda pengungsian, dengan mengajak anak bernyanyi ada pula anak yang membaca ayat Suci Al Quran.

"Selaku Bupati saya memastikan bahwa seluruh kebutuhan pengungsi telah terpenuhi, baik kebutuhan dasarnya seperti makan dan air, vitamin, bahkan kebutuhan wifinya supaya betah. Keamanannya serta protokol kesehatannya, kemudian setiap pengungsi ada pimpinannya. Dan luar biasa saya bersyukur semua tim telah bekerja dengan baik, sehingga para pengungsi tadi menyampaikan harapan-harapannya sudah terpenuhi," pungkasnya.

Selain itu, Dony mengedukasi para pengungsi yang rumahnya berada di zona agar harus siap pindah lantaran kondisi tanahnya labil.

"Kita masih terus mengkajinya, dan ingin secepatnya ada time line.  Namun yang jelas, para pengungsi di zona merah yang pertama ditangani, sehingga bisa menempati rumah yang baru, untuk yang berada di zona kuning akan direhabilitasi dan direkontruksi sehingga tempat tinggalnya bisa aman," papar Dony.

Berdasarkan data, tempat pengungsi sementara terbagi di 3 zona yaitu Zona 1 SDN Cipareuag, Zona 2 Taman Burung dan Zona 3 SD Azzahra dengan jumlah pengungsi 314 KK atau 1.126 jiwa.

Adapun jumlah warga yang harus direlokasi sebanyak 133 KK berada di zona merah. (*)

#pengungsi #relokasi #posko #cimanggung #sumedang #erksfm #news-erks