Kurangi Begadang! Ini 3 Bahaya Kurang Tidur dalam Jangka Panjang

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 26 September 2022 - 08:00 WIB

Kurangi Begadang! Ini 3 Bahaya Kurang Tidur dalam Jangka Panjang

Kurangi Begadang! Ini 3 Bahaya Kurang Tidur dalam Jangka Panjang — 2 bulan yang lalu


Seperti yang telah kita ketahui, tidur merupakan salah satu kebutuhan terpenting bagi manusia, selain makan dan minum. Orang dewasa umumnya memerlukan 7 sampai 9 jam tidur untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak dapat memenuhi waktu tidur dikarenakan hal-hal seperti, kurangnya kualitas tidur, tanggung jawab pekerjaan, hingga gangguan tidur.

Ketika kurang tidur, kita akan merasa lelah, mengantuk, mudah marah, dan kurang fokus pada keesokan harinya. Memang hal itu bisa ditanggulangi dengan minum stimulan seperti kafein. 

Namun, apakah kamu tahu, dalam jangka panjang kurang tidur akan membawa efek yang sangat berbahaya bagi tubuh? 

Dikutip dari Healthline.com, berikut 3 bahaya kurang tidur dalam jangka panjang.

1. Kesehatan Mental

Dalam jangka panjang, kurang tidur bisa banget memengaruhi kesehatan mentalmu loh. Kurang tidur sehari saja kita akan mulai merasa mudah marah, kan? Nah, dalam jangka panjang efek itu akan menjadi lebih parah.

Kita mulai merasa tidak sabaran hingga perubahan mood yang parah. Hingga yang paling parah kurang tidur dalam jangka panjang dapat memicu halusinasi, lho! Selain itu, kurang tidur juga dapat memicu anxiety, depresi, paranoia, hingga keinginan untuk bunuh diri. 

2. Sistem Imun Terganggu

Tidur sama pentingnya dengan makan dan minum. Manusia perlu tidur untuk memproduksi sistem antibodi dalam tubuh. Ketika kurang tidur, tubuh tidak bisa memproduksi sistem imun tersebut sehingga tubuh kita tidak bisa bertahan dari serangan bakteri dan virus.

Dalam kasus yang lebih parah, kurang tidur dalam jangka panjang bisa meningkatkan risiko diabetes mellitus dan penyakit jantung. Ih ngeri, ya?

3. Gangguan sistem pencernaan

Tidur sangat memengaruhi sistem pencernaan kita, lho! Kalian pasti sudah tidak asing dengan istilah nighttime snack, kan? Nah, hal itu terjadi karena tidur memengaruhi tingkat hormon leptin, yang mengontrol rasa kenyang, dan ghrelin, yang mengontrol rasa lapar kita.

Kurang tidur membuat tubuh lebih banyak memproduksi ghrelin dan mengurangi produksi leptin.  akan membuat kita ingin makan terus. 

Apalagi dengan efek rasa lelah dari kurang tidur membuat kita melewatkan olahraga, yang mana, akan meningkatkan resiko obesitas pada manusia.

Wah mengerikan, ya? Ternyata efek begadang dalam jangka panjang bisa begitu membahayakan. Oleh karena itu, yuk kurangi begadang dan mulai terapkan gaya hidup sehat!

#Begadang #KurangTidur #Bahaya #sumedang #erksfm #news-erks