Kopi Dablong: Rasanya Rame, Bisa Gratis Pula

Iwan Ingkig

 - 

Friday, 22 January 2021 - 21:12 WIB

Kopi Dablong: Rasanya Rame, Bisa Gratis Pula

Kopi Dablong: Rasanya Rame, Bisa Gratis Pula — 2 tahun yang lalu


Tampilan Saung Kopi Dablong cukup unik. Ornamennya terbuat dari bahan bambu yang ditata dengan nyentrik, dan nyaman untuk dipakai bersantai-santai.

Kopi Saung Dablong mulai buka pukul 17.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB. Kalau penasaran, datang saja ke Jalan Raya Warung Asem, Sukamantri, Desa Tanjungmekar Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang.

Saung kopi ini tergabung dengan Gerai Gempita, dan ada vouchernya. Pembeli yang belanja oleh-oleh di Gerai Gempita, bisa ngopi gratis. Wow banget, kan?

Pemilik Saung Kopi Dablong, Asep Dedi Yanto, mengatakan, di kedainya juga terdapat taman literasi.

“Kopi di sini asli kopi Sumedang. Soalnya, di Tanjungkerta banyak petani kopi. Jadi, langsung saja kita beli kopinya dari petani, biar sekalian memberdayakan petani kopi,” kata Asep Dedi.

Dikatakannya, Saung Kopi Dablong berawal dari keprihatinan terhadap petani kopi pada tahun 2020, di mana para petani mengeluhkan harga kopi yang murah.

“Nah, dari sana, kita langsung saja beli kopi aslinya ke petani,” sebutnya.

“Banyak pengunjung terkesan ketika ngopi di sini. Ternyata kopi murni itu ada manis, pahit, dan asamnya. Penggemar kopi pastilah sudah memahami rasa kopi yang asli. Untuk jenis Kopi Arabika ada rasa asam dan manis,”paparnya.

Alhamdulillah, sambungnya, setelah bergabung dengan UMKM Gempita, relasi lebih banyak dan bisa mengangkat UMKM yang ada di Tanjungkerta.

“Kita solid dan saling mendorong satu dengan yang lainya,” pungkasnya. (*)

#kopi #saungkopi #dablong #umkm #gempita #sumedang #erksfm #news-erks