Koperasi di Sumedang Tertekan Pandemi Covid-19

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 10 March 2021 - 04:32 WIB

Koperasi di Sumedang Tertekan Pandemi Covid-19

Koperasi di Sumedang Tertekan Pandemi Covid-19 — 2 tahun yang lalu


Dalam kegiatan audiensi Wakil Bupati Sumedang dengan Unsur Pimpinan Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kabupaten Sumedang di Ruang Kerja Wakil Bupati Sumedang Setda IPP Kabupaten Sumedang, terungkap bahwa keberadaan Koperasi yang aktif di kabupaten Sumedang baru 40 persen.

“Ke depannya, kami akan menggarap koperasi kurang lancar bersama Dinas dengan harapan dapat naik lagi 20 persen,” kata Ketua Dekopinda Kabupaten Sumedang Ade Efendi.

Ia menuturkan, kendala tidak aktifnya perkoperasian, di antaranya karena pandemi Covid-19, sehingga pergerakan para anggota terhalang.

“Simpanan anggota pada diambil, ditambah lagi ada pernyataan Menteri tentang penangguhan pembayaran.  Jadi, satu sisi anggota mengambil simpanan, satu sisi lagi mereka menunggak pembayaran,” katanya.

Selain itu, lanjutnya, banyak koperasi yang tata kelolanya kurang baik.

“Kami sudah melakukan kaji ulang, guna perbaikan sistem,” sebutnya.

Sementara itu wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas apa yang sudah dilaksanakan Dekopinda.

“Ke depanya, kami akan menyeleraskan dengan program Sumedang simpati bersama Dekopinda, guna menghidupkan kembali perkoperasian di Sumedang. Pemkab sudah memfasilitasi warung pintar dan Aplikasi Si Cantik, yakni sistem Koperasi Cinta Statistik,” tandasnya. (*)

#koperasi #erwansetiawan #sumedang #erksfm #news-erks