Kodim 0610 Panen Bawang Merah Perdana

Redaksi eRKS FM

 - 

Saturday, 02 January 2021 - 14:52 WIB

Kodim 0610 Panen Bawang Merah Perdana

Kodim 0610 Panen Bawang Merah Perdana — 2 tahun yang lalu


Dandim 0610/Sumedang Letkol Inf Zaenal Mustofa bersama Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir melaksanakan panen bawang merah perdana yang merupakan hasil karya Kodim 0610/Sumedang, di lahans eluas 400 M2, di daerah Nalegong kelurahan Kota Kulon kabupaten, Sumedang, Sabtu (02/01/2021).

Zaenal Mustofa mengatakan, budi daya tanaman bawang merah ini merupakan uji coba, dengan pendampingan supervisor, seorang petani bawang yang didatangkan dari Brebes.

“Didampingi supervisor, seorang petani bawang yang sukses, alhamdulillah pekerjaan kami tidak sia sia. Mulai dari pengolahan tanah sampai masa tanam, juga masa pantau perkembangan, akhirnya hari ini kami bisa melaksanakan panen perdana,” papar Zaenal.

Menurutnya, ini jadi suatu alternatif bagi para petani Sumedang karena bawang merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan dapur pribadi, rumah makan, juga dapur perhotelan. Ternyata tumbuhan ini bisa dikembangkan di Sumedang. 

Kodim 0610 bahkan siap berbagi ilmu tanam bawang, bersama supervisor bawang, Asikin, asal Brebes.

“Bagi yang ingin tahu cara menanam bawang agar berhasil, silakan datang ke Kodim. Dari lahan seluas 400 M2, bisa menghasilkan bawang sebanyak 5 ton ke atas. Artinya penghasilannya bisa lebih dari 50% dibanding modalnya,” tuturnya. 

Bupati Sumedang H.Dony Ahmad Munir mengapresiasi produktivitas ini.

“Ini bisa memotivasi para petani untuk menanam bawang di Sumedang, karena nilai ekonomisnya yang tinggi. Ayo kita sambut tahun baru ini dengan meningkatkan kinerja kita, meningkatkan pendapatan kita dan terus kreatif, termasuk soal bawang merah. Ternyata sekarang sudah bisa ditanam dengan berhasil di Sumedang,” katanya. (*)

#bawangmerah #brebes #supervisor #tani #tanam #modal #sumedang #erksfm #news-erks