Kisah Sukses Peternak Murai Batu Jatihurip

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 12 March 2021 - 14:49 WIB

Kisah Sukses Peternak Murai Batu Jatihurip

Kisah Sukses Peternak Murai Batu Jatihurip — 1 tahun yang lalu


Peternakan burung murai batu ring 3-S (Triple S) yang berlokasi di Blok 9 Nomor 6 Perumahan Jatihurip Desa Jatimulya Kecamatan Sumedang Utara Kabupaten Sumedang, mampu meraup keuntungan yang menggiurkan dalam hitungan hari.

Menurut pemilik peternakan, Budi, setelah melalui proses khusus, akhirnya pihaknya bisa menjodohkan indukan murai batu warna blorok dengan indukan blorok juga. 

“Dalam 2 minggu , sudah ada dua butir telur, dan semuanya isi,” katanya, Jumat (12/3).

Menurutnya, keistimewaan peternakannya terletak pada sistem loloh atau pemberian pakan.

“Saya tidak meloloh atau memberi makan anakan secara manual. Kami lebih cenderung membiarkan anak burung diloloh indukan sampai bisa terbang,” sebutnya.

Dikatakannya, itu merupakan salah satu keunggulan hasil ternakannya. 

“Dengan begitu, gen ayah burung bisa masuk ke sel-sel anakan burung calon juara. Sedangkan dari sisi penjualan tidak ada kesulitan, karena sekarang banyak media sosial dan komunitas burung murai di tiap daerah. Untuk ring triple-S, sekarang ini  sudah sampai Bekasi dan Karawang,”paparnya.

Peternakan burung ini sudah berjalan selama 3 tahun.

“Siapa saja yang berminat, bisa datang ke tempat kami. Soal harga disesuaikan dengan volume ataupun panjang ekornya. Beda satu centimeter saja bisa beda jutaan rupiah. Jika volumenya sangat bagus, ya harganya bisa beda lagi,”pungkasnya. (*)

#murai #burung #peternakan #jatihurip #sumedang #erksfm #news-erks