Kiprah Warga Cipanas Wujudkan Wisata Unggulan

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 24 December 2020 - 15:46 WIB

Kiprah Warga Cipanas Wujudkan Wisata Unggulan

Kiprah Warga Cipanas Wujudkan Wisata Unggulan — 2 tahun yang lalu


Wisata Mini Lahuta Mulung Layung, demikian nama lokasi wisata ini, berlokasi di Dusun Pangaroan, Desa Cipanas Kecamatan Tanjungkerta, Sumedang.

Di lokasi yang sangat strategis ini, para pengunjung bisa menikmati keelokan alam, ditingkahi suara gemuruh angin dari pepohonan, yang membuat pengunjung merasa betah.

Kepala Desa Cipanas, Mohamad Asep Lantipan, mengatakan, lahan ini merupakan kas desa, yang ‘disulap’ jadi tempat Wisata.

“Luasnya 9 hektare, dan baru ditata sekitar satu hektare, dengan sumber biaya murni swadaya masyarakat,” paparnya.

Terwujudnya destinasi wisata ini merupakan hasil kesepakatan bersama antara pemerintah desa dan BPD yang menginginkan inovasi, sehingga pada Maret lalu, terbentuklah kegiatan dengan tema "Lahiya Mulung Layung".

“Awalnya, lokasi ini bernama Wisata Edukasi Adat. Di dalamnya ada fasilitas taman bermain anak anak masa dulu, seperti gatrik, engklek bentang, sorodot gaplok, dan galah,” sebutnya.

Pemerintah Sumedang maupun Provinsi Jawa Barat pernah singgah ke lokasi wisata ini.

“Mudah-mudahan ke depannya ada kebijakan dari pemerintah untuk mendongkrak potensi wisata. Soal pengelolaan Wahana Wisata Mini Lahuta, untuk sementara kami serahkan sepenuhnya pada bumdes. Ya mudah-mudahan saja nantinya bisa jadi tempat wisata unggulan,” katanya. (*)

#wisata #cipanas #desa #pangaroan #sumedang #erksfm #news-erks