Khawatir Rumah Roboh, Warga Bojong Ngungsi

Redaksi eRKS FM

 - 

Monday, 19 October 2020 - 16:56 WIB

Khawatir Rumah Roboh, Warga Bojong Ngungsi — 2 tahun yang lalu


7 Kepala Keluarga di Dusun Bojong Totor, Desa Sirnamulya, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang, mengungsi karena khawatir rumah yang ditinggalinya akan roboh, pada Senin (19/10/2020).

Salah satu warga yang mengungsi, Ano, mengatakan beberapa warga mengungsi karena rumahnya retak akibat getaran pembangunan Proyek Jalan Tol Cisundawu.

“Kami khawatir rumah roboh karena getaran dari pembangunan Jalan Tol Cisumdawu, apalagi sebentar lagi memasuki musim penghujan,” ujar Ano.

Berdasarkan pantauan eRKS FM,  memang ada beberapa rumah warga yang retak dan lokasinya berdekatan dengan lokasi proyek pembangunan jalan tol Cisumdawu.

Ano juga menambahkan kalau pihak developer/pengembang masih belum melakukan pembayaran sehingga dirinya masih tetap bertahan di rumahnya sebelum akhirnya mengungsi ke tempat yang lebih aman.

“saya masih tinggal di rumah ini meski tanahnya mulai tergerus oleh pergerakan tanah akibat (pembangunan) jalan tol karena belum dapat kompensasi. Tapi sekarang saya agak takut karena sebentar lagi masuk musim hujan,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Sumedang Utara, Nandang Suparman mengatakan pihaknya membenarkan ada beberapa rumah yang retak dan menjadi tidak layak huni di sekitar Dusun Bojong Totor. Akibatnya, ada 7 KK yang diungsikan agar terhindar dari dampak intensitas hujan yang cukup deras.

“Kami sedang mengupayakan agar pembangunan tidak menyebar ke lokasi lainnya. Sementara, untuk daerah Bojong Totor sudah ada konfirmasi dari pihak PT. WIKA untuk secepatnya membayar kompensasi kepada warga,” kata Nandang.

Nandang juga berharap kompensasi ini segera terealisasi karena resume sudah keluar.

“Kalau kita bicara soal teknis, maka yang jelas hal ini (warga mengungsi) terjadi karena memang sudah ada beberapa retakan yang timbul akibat proyek pembangunan tersebut. Kami berharap segala bentuk kompensasi dapat segera terealisasi,” tutupnya.

#cisumdawu #tol #bojong-totor #nandang-suparman #rumah #retak #musim-hujan #erksfm #sumedang