Kerja Sama Antarwilayah, Anies Baswedan Sambangi Sumedang

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 11 June 2021 - 14:30 WIB

Kerja Sama Antarwilayah, Anies Baswedan Sambangi Sumedang

Kerja Sama Antarwilayah, Anies Baswedan Sambangi Sumedang  — 1 tahun yang lalu


Dalam rangka Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sumedang tentang Pengembangan Potensi Daerah, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan melakukan kunjungan ke Sumedang, Jawa Barat, Jumat (11/6).

Penandatanganan MoU ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan bersama Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil, bertempat di Gudang Komoditi SRG Sumedang Jalan Proyek Jatigede KM 1 Desa Tolengas Kecamatan Tomo kabupaten Sumedang Sumedang.

Turut hadir Para Pejabat di lingkungan Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumedang, Unsur Forkopimda, Pimpinan DPRD, Kepala SKPD Kabupaten Sumedang, para Pimpinan BUMD dan tamu undangan lainnya.

Gubernur DKI Jakarta H. Anies Rasyid Baswedan mengatakan, hari ini dilakukan pengiriman perdana beras sebanyak 30 ton dari Sumedang menuju Jakarta. 

“Kerjasama antar wilayah ini bertujuan memenuhi kebutuhan pangan masyarakat di DKI Jakarta,” katanya.

Jika pasokan pangan di Jakarta aman, sambungnya, maka akan berdampak pada stabilnya harga di pasaran, bahkan bisa lebih rendah dan terjaga.

Bupati Sumedang H. Doni Ahmad Munir  menyampaikan bahwa MoU ini akan menguntungkan kedua belah pihak. Satu sisi hasil panen masyarakat Sumedang akan dipasarkan ke BUMD yang ada di Jakarta yakni Food Station, Cipinang Jaya dan Darma Jaya. Di sisi lain, Pemprov Jakarta bisa memastikan ketersediaan stok pangan di Jakarta.

"Harapan saya, dengan kerjasama ini bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumedang dan bisa berkelanjutan, bahkan pada cakupan yang lebih luas lagi, sebagai instrumen untuk menyejahterakan masyarakat dengan cara kolaborasi,” katanya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Ridwan Kamil mengatakan, ini merupakan implementasi strategi pemulihan ekonomi Jawa Barat.

“Pasca Covid-19, ketahanan pangan harus diutamakan. Kerjasama ini harus berkelanjutan serta mampu membawa perubahan dengan memperkuat semangat kolaborasi,” pungkasnya.

#aniesbaswedan #ridwankamil #sumedang #erksfm #news-erks