Keren! SMA Negeri Situraja Launching Buku Sejarah Sumedang

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 23 April 2021 - 07:53 WIB

Keren! SMA Negeri Situraja Launching Buku Sejarah Sumedang

Keren! SMA Negeri Situraja Launching Buku Sejarah Sumedang — 1 tahun yang lalu


SMA Negeri Situraja menggelar Launching Buku “Jejak Sejarah Sumedang dalam Menggapai Insun Medal Insun Madangan”. Aksi kreatif ini dihadiri Wakil Bupati Sumedang H. Erwan Setiawan, Kamis (22/4).

Buku ini merupakan karya Engkus Kusmayati, Guru Sejarah di SMA Negeri Situraja, yang berisi gambaran lengkap sejarah Kabupaten Sumedang.

Kepala SMAN Situraja, Chaeruddin Saleh mengatakan, buku tersebut terbit bertepatan dengan Hari Jadi Sumedang dan hari lahirnya SMA Negeri Situraja Sumedang pada tanggal 22 April.

“Hari ini adalah momen yang tepat untuk menghasilkan karya bersejarah seperti peluncuran buku bersejarah ini,” ujarnya.

Menurutnya, buku itu merupakan aset dalam melestarikan sejarah Sumedang.

Selain itu, juga sebagai bentuk tanggungjawab jajarannya terhadap bidang akademik maupun non akademik yang menjadi unsur utama bidang pendidikan.

“Kami berasumsi selaku insan pendidikan untuk memberi wawasan tentang masa lalu sebagai gambaran dan kenyataan untuk membangun peradaban di masa depan,” katanya.

Diharapkan, buku tersebut menjadi inspirasi dan motivasi untuk lahirnya buku-buku lainnya.

“Buku ini bukan yang pertama bertujuan menginspirasi para penulis lainnya dalam mengusung Sumedang Puseur Budaya Sunda,” ucapnya.

 

4 Narasumber

Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII Dinas Pendidikan Jawa Barat Hj. Otin Martini, M.Pd. yang turut hadir menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap inisiatif penulisan buku tersebut.

“Tentunya kami sangat mendukung dan mendorong lahirnya karya-karya seperti penerbitan buku ini di kalangan pendidik,” ujarnya.

Engkus Kusmayati mengungkapkan, penyusunan buku ini melibatkan 40 sumber dan 4 orang narasumber.

“Saya dibantu juga oleh yayasan Nazir wakaf Pangeran Sumedang. Untuk sekarang ini, baru dicetak 20 eksemplar. Insya Allah kedepan akan dicetak lebih banyak," katanya. 

Menurutnya, sejarah Sumedang di sekolah sangat terbatas jadi kurang begitu diketahui oleh  kawula muda zaman sekarang.

“Dengan munculnya buku sejarah Sumedang, diharapkan bisa mengenalkan sejarah lokal Sumedang untuk tataran Sumedang dan Jawa Barat. Lebih baik lagi jika bisa diintegrasikan untuk sejarah nasional, karena dalam kurikulum itu ada muatan lokal, dan sejarah Sumedang diharapkan masuk,” paparnya.

 

Disebar ke Sekolah-sekolah

Sementara itu, Wabup mengapresiasi atas diluncurkannya buku “Jejak Sejarah Sumedang dalam Menggapai Insun Medal Insun Madangan” yang selesai tepat pada waktunya bertepatan dengan Hari Jadi Sumedang Ke-443.

“Kita telah mengoreksi bersama-sama isi buku ini. Saya harap Diskominfosanditik dapat membantu untuk mempromosikan buku ini dalam bentuk digital,” ujarnya.

Wabup juga mengimbau agar buku tersebut dapat disebar di tiap sekolah yang ada di Kabupaten Sumedang agar generasi muda dalam memberikan edukasi mengenal sejarah Sumedang.

“Masyarakat luas harus mengetahui tentang sejarah Sumedang ini. Saya juga berharap buku ini bisa dicetak banyak sehingga dapat terus dikembangkan dan dipromosikan kepada masyarakat luas,” imbuhnya.

Launching ditandai dengan penandatanganan buku “Jejak Sejarah Sumedang dalam Menggapai Insun Medal Insun Madangan” oleh penulis, Kepala sekolah SMA Negeri Situraja, Kepala Cabang Dinas Wilayah VIII Disdik Jabar dan Wakil Bupati Sumedang. Rencananya buku tersebut akan diterbitkan kepada masyarakat luas di bulan depan.

#buku #bukusejarah #SMANSituraja #sumedang #erksfm #news-erks