Kemenkes Siapkan Vaksinasi Covid-19 untuk Bayi dan Balita

Ajat Sudrajat

 - 

Monday, 30 January 2023 - 10:48 WIB

Kemenkes Siapkan Vaksinasi Covid-19 untuk Bayi dan Balita

Kemenkes Siapkan Vaksinasi Covid-19 untuk Bayi dan Balita — 1 tahun yang lalu


Direktur Pengelolaan Imunisasi Direktorat Jendereal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Prima Yosephine Berliana mengatakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) saat ini tengah melakukan persiapan untuk vaksinasi Covid-19 untuk bayi dan balita. 

Prima menyebutkan bahwa pihaknya tengah berkoordinasi dengan pihak terkait untuk melaksanakan program tersebut.

“Pemerintah akan berkoordinasi dengan Dinas kesehatan, Puskesmas, dan seluruh fasyankes untuk program vaksinasi Covid-19. Kami juga telah menyiapkan mekanisme pelayanan terintegrasi dengan layanan imunisasi rutin yang sudah berjalan baik,” kata dia melalui pesan tertulis pada Sabtu, 28/1/2023.

Pemerintah, kata Prima, meyakini stok vaksin yang dimiliki akan cukup mencapai target yang telah ditentukan. Ia menyebut pemerintah telah menyiapkan 4,7 juta dosis primer lengkap untuk enam bulan ke depan.

“Sementara itu target kita terkait populasi anak di bawah usia enam tahun yang menjadi sasaran vaksinasi Covid-19 berjumlah 3,3 juta anak,” kata Prima seperti dikutip dari Tempo, (28/1/2023).

Selain itu, Prima mengatakan pemerintah akan melakukan upaya sosialisasi vaksinasi Covid-19 untuk balita kepada masyarakat. Salah satunya, kata dia, adalah upaya dalam melibatkan peran serta dari tokoh masyarakat dan organisasi profesi.

“Edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat juga nantinya akan melalui berbagai saluran media komunikasi dan informasi yang akan dioptimalkan. Hal ini untuk menekan jumlah angka infeksi dan kematian akibat Covid-19 pada anak,” ujar dia.

Mengenai saluran informasi untuk sosialisasi, Prima mengatakan pemerintah sudah menyiapkan sejumlah media informasi sosialisasi program kepada masyarakat. Ia menyebut salah satunya adalah dengan pesan SMS atau WhatsApp broadcast.

“Pemerintah juga berkomitmen meningkatkan cakupan imunisasi dengan mengaktifkan kembali Puskesmas untuk layanan Covid-19,” ujar dia.

Selain itum Prima mengatakan pemerintah pusat juga telah berkoordinasi dengan daerah-daerah terkait pelaksanaan layanan Covid-19 untuk balita. Ia menyebut Kemenkes telah berkirim surat edaran kepada Dinas Kesehatan di daerah terkait program vaksinasi tersebut.

“Selain itu, sosialisasi melalui rapat koordinasi vaksinasi Covid-19 maupun melalui media massa atau media komunikasi yang tersedia,” kata Prima.

#Kemenkes #vaksinasiCovid-19 #Balita #sumedang #erksfm #news-erks