Kemendagri M. Tito Karnavian Apresiasi Sistem E-Government di Kabupaten Sumedang

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 21 October 2022 - 19:57 WIB

Kemendagri M. Tito Karnavian Apresiasi Sistem E-Government di Kabupaten Sumedang

Kemendagri M. Tito Karnavian Apresiasi Sistem E-Government di Kabupaten Sumedang — 1 bulan yang lalu


Keberhasilan Sumedang dalam menurunkan angka stunting dan penanggulangan kemiskinan dengan menerapkan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) melalui super aplikasi Sakip Desa, Mauneh, dan E-Simpati, membuat Kabupaten Sumedang menjadi sorotan oleh Kabupaten/Kota Lain di Indonesia.

Tidak terkecuali dengan Menteri Dalam Negeri Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M.A., Ph.D., yang mengaku penasaran akan inovasi yang terus dilakukan oleh Kabupaten Sumedang karena banyak direkomendasikan untuk menjadi leading sektor penerapan SPBE.

Dalam kunjungan kerjanya (Jumat, 21/10/ 2022),  Kemendagri Tito Karnavian disambut hangat oleh Bupati Sumedang Donny Ahmad Munir, Wakil Bupati Sumedang Erwan Setiawan dan Sekda Sumedang Herman Suryatman, dengan menampilkan Kesenian Kuda Renggong dan Tari Umbul di Pusat Pemerintahan Sumedang dan langsung menuju Command Center.

Command Center menjadi bukti transformasi digital yang berhasil mencitpkan big data yang real dan detail. Ditunjukkan oleh Bupati, pencapaian yang diraih oleh Kabupaten Sumedang dan sistem e goverment yang membuat Menteri Tito Karnavian menyampaikan kekagumannya.

“Sistem pemerintahannya luar biasa, saya penasaran karena banyak masukan tentang inovasi di Kabupaten Sumedang, terutama yang berbasis teknologi atau E Government. Kolaborasi luar biasa, melibatkan banyak pihak.” Ujarnya.

Tidak hanya itu, beliaupun menyampikan beberapa masukan salahsatunya yaitu untuk memperkuat sistem keamanan data. Selebihnya, beliau sangat mengapresiasi semua bentuk transformasi digital karena belum ada yang lebih detail selain Kabupaten Sumedang.

#SPBE #MenteriDalamNegeri #EGovernment #sumedang #erksfm #news-erks