Kejurnas Berkuda Equestrian 2022 Selesai DiGelar, Jawa Barat Jadi Juara Umum

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 20 December 2022 - 13:26 WIB

Kejurnas Berkuda Equestrian 2022 Selesai DiGelar, Jawa Barat Jadi Juara Umum

Kejurnas Berkuda Equestrian 2022 Selesai DiGelar, Jawa Barat Jadi Juara Umum — 1 bulan yang lalu


Kejuaraan Nasional (Kajurnas) Berkuda Equestrian 2022 telah selesai digelar dengan Jawa Barat menjadi juara umumnya. Mereka menempati puncak klasemen dengan meraih 10 medali.

Kejurnas itu sendiri digelar di Kenjeran Equestrian Complex, Surabaya, sejak 15 hingga 18 Desember. Adapun cabang disiplin yang dipertandingkan antara lain dressage, show jumping, dan eventing. Ketiga disiplin itu kemudian ditambah endurance.

Sepekan bergulir, Jawa Barat sukses menempati puncak klasemen dengan meraih empat emas, tiga perak, dan tiga perunggu. 

Dari empat nomor pertandingan dressage, kontingen Jawa Barat menangkan tiga nomor, yakni beregu U-21, beregu Open, dan individu Open. Satu nomor dressage lainnya, Individu U-21 dimenangkan oleh Jawa Tengah.

Berbeda dengan disiplin dressage, pada disiplin show jumping tidak ada provinsi yang mendominasi gelar juara. Juara show jumping individu U-21 adalah Lampung, show jumping individu open dimenangkan Sumut, kemudian pada nomor beregu U-21 juaranya adalah Jawa Timur, sedangkan nomor beregu open dimenangkan Banten.

Disiplin Eventing mempertandingkan dua nomor, Jawa Barat mengamankan nomor two days event beregu sedangkan tuan rumah Jawa Timur menangkan two days individu.

Adapun total peserta Kejurnas Equestrian 8 provinsi. Selain 3 peringkat teratas yaitu Jawa Barat, Jawa Timur, dan Banten, ada provinsi lainnya yaitu Sumut, Jawa Tengah, Lampung, DKI Jakarta dan Sulawesi Tengah.

Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PP Pordasi) Triwatty Marciano bersyukur atas kelancaran Kejurnas Equestrian yang digelar di Jawa Timur.

"Alhamdulillah Kejurnas Equestrian di Jawa Timur sudah selesai dengan lancar. Suksesnya penyelenggaraan Kejurnas Equestrian di Jawa Timur ini menjadi bukti bahwa kita mampu menyelenggarakan Kejurnas di beberapa daerah di Indonesia," kata Triwatty dalam keterangan tertulisnya, Senin (19/12/2022).

"Perlahan kita berikan kesempatan sambil mendorong supaya seluruh provinsi mampu menyelenggarakan kompetisi tingkat nasional, baik dari segi sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM) panitia penyelenggaranya," lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, Triwatty juga menyampaikan apresiasi kepada tuan rumah Jawa Timur dari mulai pemerintahan, KONI Jawa Timur, Pordasi Jawa Timur, Kenpark, hingga seluruh kontingen yang turut menyukseskan Kejuarna Equestrian 2022.

Adapun Kejurnas menjadi salah satu syarat wajib bagi cabang olahraga yang dipertandingkan pada PON XXI/2024 Aceh - Sumut. 

Tahun depan PP Pordasi akan menggelar Kejurnas Equestrian sekaligus kualifikasi PON XXI/2024. Tuan rumah Kejurnas Equestrian tahun depan akan diputuskan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Pordasi 2023.

Berikut Daftar Tiga Terbaik Kejurnas Equestrian Berkuda 2022:

Jawa Barat 4 emas, 3 perak, 3 perunggu

Jawa Timur 2 emas, 4 perunggu

Banten 1 emas, 3 perak, 1 perunggu,

#KejurnasBerkudaEquestrian2022 #jawaBarat #JuaraUmum #sumedang #erksfm #news-erks