Kang Emil Bongkar Rahasia Jabar yang Kerap Juarai Event Olahraga

Ajat Sudrajat

 - 

Wednesday, 04 January 2023 - 13:45 WIB

Kang Emil Bongkar Rahasia Jabar yang Kerap Juarai Event Olahraga

Kang Emil Bongkar Rahasia Jabar yang Kerap Juarai Event Olahraga — 1 bulan yang lalu


Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau biasa disapa Kang Emil mengungkapkan kebanggaannya terhadap prestasi Jabar yang kerap menjuarai event olahraga nasional. 

"Kita juarai PON 2 kali, Proliga 3 kali juara, insya Allah tahun ini juara ke-4 kalinya. Belum lagi juara olahraga antar ASN, pesantren, dan yang lainnya," ujar Kang Emil saat peluncuran tim bola voli putri Jabar, Bandung BJB Tandamata, Selasa (3/1/2023). 

Kang Emil pun membongkar rahasia bagaimana Jabar kerap menjuarai event olahraga.

"Warga Jabar suka olahraga, sama kaya gubernurnya," ujar Kang Emil tersenyum. 

Hal itu dibuktikannya saat ia bermotor ke kampung-kampung di pelosok Jabar. Di sana, Kang Emil melihat bagaimana olahraga sangat hidup. 

Untuk warga laki-laki, mereka menyukai sepakbola. Sedangkan warga perempuan sangat menyukai voli. Mereka pun kerap bertanding antar kampung (tarkam).

"Saya keliling naik motor dan mobil, para kelaki hobinya bola, kalau ibu-ibu main voli dengan lapangan yang seadanya. Ada yang hanya tanah (lapangan)," ungkap dia. 

"Ini memperlihatkan tradisi olahraga di masyarakat Jabar. Makanya beberapa waktu lalu saya bikinkan piala gubernur," ucap dia. 

Untuk atlet profesional, pembinaan terus dilakukan dengan berbagai langkah. Mulai dari menemukan potensi atlet sejak SD dan SMP. Kemudian mereka disekolahkan dengan kurikulum khusus olahraga. 

Ada pula training camp, dukungan fasilitas, anggaran untuk KONI setiap tahun, dan lainnya.

Kang Emil mengungkapkan, melihat tradisi olahraga di Jabar, tak heran bila tim voli Jabar putri selalu menjuarai Proliga. Ia berharap ada banyak generasi muda yang mengikuti jejak langkah kakak-kakaknya tersebut. 

"The dream team sudah 3 kali juara, berharap 2023 dapat meneruskan meraih gelah juara atau mempertahankan gelar juaranya," ucap Kang Emil. 

Direktur Utama bank bjb, Yuddy Renaldi berharap, koleksi gelar juara Proliga Bandung BJB Tandamata bertambah pada musim 2023. Untuk mewujudkannya, Yuddy memastikan, pihaknya mendukung penuh tim. 

"Saya berdoa dan berharap Bandung BJB Tandamata bisa mempertahankan gelar juara Proliga di musim 2023 yang akan segera dimulai. Kebetulan untuk seri pertama ini, Bandung jadi tuan rumah. Semoga kembali mengharumkan nama Jawa Barat dan bank bjb," kata Yuddy. 

Untuk diketahui Seri I Putaran Pertama Proliga 2023 akan diselenggarakan di GOR Sabilulungan, Kompleks Stadion si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, 5-8 Januari 2023. 

#prestasi-jabar #kangemil #rahasia #eventolahraga #sumedang #erksfm #news-erks