Kabar Duka, Penyanyi Rock Legendaris David Crosby Meninggal Dunia

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 20 January 2023 - 15:12 WIB

Kabar Duka, Penyanyi Rock Legendaris David Crosby Meninggal Dunia

Kabar Duka, Penyanyi Rock Legendaris David Crosby Meninggal Dunia — 1 bulan yang lalu


Kabar duka datang David Crosby, salah satu penyanyi rock paling berpengaruh pada 1960-an dan 70-an bersama Byrds and Crosby, Stills, Nash & Young (CSNY) meninggal dunia di berusia 81 tahun.

"Sangat sedih setelah lama sakit, David (Croz) Crosby yang kita cintai telah meninggal dunia," kata sang istri Jan Dance, seperti diberitakan Variety, Kamis (19/1).

Kabar duka tersebut mengejutkan fan, terutama yang mengikutinya di media sosial. Crosby pada Rabu (18/1) masih mencuitkan banyak hal, termasuk memberikan dukungan kepada Greta Thunberg.

Namun, sekitar satu hari setelahnya, ia dikonfirmasi meninggal dunia. Pihak keluarga hingga kini belum mengungkapkan penyebab kematian sang musisi.

Crosby adalah salah satu pendiri dua band rock yang disegani: Byrds dan CSNY. Dia masuk Rock & Roll Hall of Fame sebagai anggota kedua grup tersebut.

Graham Nash mantan rekan dalam CSNY yang selama ini telah berpisah dengan Crosby mengucapkan duka setelah mengetahui kabar terbaru sang musisi.

"Dengan kesedihan mendalam, saya mengetahui teman saya David Crosby telah meninggal dunia," tulis Nash.

"Saya tahu orang-orang cenderung berfokus pada betapa tidak stabilnya hubungan kami, tetapi yang selalu berarti bagi David dan saya adalah kegembiraan dari musik yang kami ciptakan bersama, suara yang kami temukan satu sama lain, dan persahabatan mendalam yang kami bagikan selama bertahun-tahun ini."

Delapan bulan lalu, Crosby menarik perhatian banyak orang ketika menyatakan berhenti tampil secara langsung. Namun, ia memastikan akan terus bermusik lewat rekaman.

"Saya sudah terlalu tua untuk melakukan itu (tampil live). Saya tak punya stamina lagi. Saya membuat rekaman sebanyak mungkin," kata David Crosby saat berbincang bincang pada 9 Maret 2022, seperti diberitakan Guitar.

"Saya sekarang berusia 80 tahun mungkin saya akan meninggal. Semua orang meninggal," ucap David Crosby kala itu.

Namun, pada Desember 2022, ia mengubah rencananya itu dan ingin tampil secara langsung lagi setelah bermusik bersama teman-temannya.

David Crosby sebelumnya kerap mengasingkan banyak mantan rekan bandnya yang terkenal. Dalam beberapa tahun terakhir, ia kerap mengatakan sangat menyesalkan hal tersebut.

Ketergantungan pada narkoba dan kepribadiannya yang sering kasar berkontribusi pada berakhirnya CSNY dan para anggota akhirnya berhenti berbicara satu sama lain.

Dalam film dokumenter 2019 David Crosby: Remember My Name, dia menjelaskan harapan mereka bisa bekerja sama lagi. Namun, ia mengakui mantan-mantan rekannya "sangat tidak menyukai saya."

Crosby merupakan ayah dari enam anak; dua sebagai donor sperma untuk pasangan rocker Melissa Etheridge dan satu lagi yang ditempatkan untuk diadopsi saat lahir dan tidak bertemu Crosby sampai dia berusia 30-an. Putra itu, James Raymond, akhirnya menjadi kolaborator musiknya.

Crosby lahir 14 Agustus 1941 di Los Angeles. Ayahnya adalah seorang sinematografer yang memenangkan Golden Globe untuk High Noon pada 1952 dan ibunya mengenalkannya pada grup folk the Weavers dan musik klasik.

#Kabarduka #penyanyirockpalingberpengaruh #meninggaldunia #DavidCrosby #sumedang #erksfm #news-erks