Jumlah Pendaftar Magang ke Jepang 450 orang

Redaksi eRKS FM

 - 

Thursday, 05 November 2020 - 15:10 WIB

Jumlah Pendaftar Magang ke Jepang 450 orang — 2 tahun yang lalu


Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Sumedang kembali menyelenggarakan seleksi penyiapan calon tenaga kerja luar negeri. Kali ini untuk memenuhi kebutuhan magang dan pekerja ahli (SSW) ke Jepang, melalui program kegiatan kualitas dan produktivitas tenaga kerja tahun 2020 di Makodim Sumedang.

Menurut Kabid Pelatihan Gunawikarya, pelaksanaan seleksi ini dibagi jadi 4 hari karena harus menyesuaikan dengan protokol kesehatan (prokes), yakni tak boleh ada kerumunan.

“Kegiatan tes dibagi jadi 5 kelompok, dengan materi seleksi matematika, buta warna, wawancara, kesehatan, dan pemberkasan. Sedangkan pelaksanaannya terbagi jadi empat hari,” katanya.

Dari tahun ke tahun, peserta seleksi terus bertambah. Untuk tahun ini ada 450 orang pendaftar, yang dilakukan secara online.

“Ini memasuki tahun kedua. Tahun kemarin sudah terseleksi, dan kami latih itu sebanyak 52 orang. Tahun ini semoga lebih banyak lagi yang layak berangkat ke Jepang,” sebutnya.

Untuk proses magang, sambungnya,  ada berapa tahapan. Pertama, mereka harus dilatih dasar budaya dan bahasa Jepangnya dulu,  selama kurang lebih 4 bulan. 

“Setelah  punya kemampuan itu, mereka diikutkan tes wawancara. Selanjutnya adalah masa pemantapan tiga bulan, disambung dengan pengurusan dokumen,” ucapnya.

Ketua Tim seleksi LPK Global Mandiri Indonesia Kabupaten Sumedang, Deden Indragunawan mengatakan, ketua tim seleksi membawahi 10 orang anggota.

Teknis seleksi diatur sedemikian rupa sehingga benar-benar mengacu pada aturan prokes.

“Proses magang itu selama 3-4 bulan. Setelah itu diikutkan wawancara. Jika terpilih, ikut diklat pemagangan. Prosesnya itu bisa sampai satu tahun, karena dibutuhkan mental yang kuat dan kemampuan bahasa,” paparnya.

“Untuk SSW lebih berat, karena ada persyaratan tambahan, yakni harus bersertifikat N4 N2 selama 6 bulan. Sedangkan untuk magang tidak dibutuhkan,” tandasnya. (*)

#magang #seleksi #dokumen #erks