Jangan Asal Makan, Berikut 5 Rekomendasi Jam Makan yang Tepat untuk Tubuh

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 15 October 2022 - 08:00 WIB

Jangan Asal Makan, Berikut 5 Rekomendasi Jam Makan yang Tepat untuk Tubuh

Jangan Asal Makan, Berikut 5 Rekomendasi Jam Makan yang Tepat untuk Tubuh — 2 bulan yang lalu


Dengan menjaga pola makan sehat dengan gizi seimbang nyatanya belum cukup untuk membuat tubuh sehat. 

Faktanya, waktu pada saat mengonsumsi makanan juga harus diperhatikan agar bisa memberi manfaat yang baik untuk tubuh.

Dilansir dari Halodoc, makan di saat waktu yang kurang tepat, dapat mengganggu kerja metabolisme tubuh hingga menyebabkan kalori tertimbun yang sebetulnya tidak diperlukan oleh tubuh,

Oleh karena itu, selain memperhatikan jenis makanan, waktu untuk makan juga harus sesuai, karena tubuh merespons energi yang dibutuhkan tergantung pada waktu makan yang tepat.

Untuk itu agar tidak salah dalam mengatur jam makan yang sesuai, kamu perlu mengetahui rekomendasi jam makan yang tepat agar berat badan terkendali serta terhindar dari obesitas, seperti yang dilansir dari Hello Sehat berikut ini.

1. Sebelum jam 09.00

Waktu ini adalah jam yang ideal untuk sarapan, yaitu sebelum memulai aktivitas sekaligus mengisi perut yang kosong sehabis tidur beberapa jam saat malam. Sarapan sangat penting untuk memberikan energi pada tubuh sebelum memulai hari dengan segudang pekerjaan.

2. Memakan camilan 4 jam setelah sarapan

Biasanya setelah 4-5 jam setelah sarapan, perut sudah lapar kembali, karena itu makanlah camilan sebelum memasuki jam makan siang, biskuit gandum bisa anda jadikan pilihan sebagai camilan sehat.

3. Jam makan siang sekitar pukul 12.00-13.00

Ini adalah waktu ideal untuk makan siang, camilan yang dimakan tadi sebelum makan siang bermanfaat untuk mencegah rasa lapar berlebihan sehingga pada saat jam makan siang kamu tidak makan terlalu banyak agar tidak mengantuk saat kembali menjalankan aktivitas.

4. Memakan camilan 4 jam setelah makan siang

Seperti jadwal yang sebelumnya, makanlah camilan 4 jam setelah makan siang, agar saat jam makan malam porsi makan tidak terlalu banyak yang tidak baik bagi kesehatan. Jangan lupa makan camilan sehat dan tidak berlebihan.

5. Makan malam sebelum jam 20:00

Usahakan untuk tidak makan lagi setelah jam 8 malam, agar tubuh bisa mencerna makanan yang masuk setelah makan, selain itu tidur di saat perut dalam keadaan penuh tidak baik bagi kesehatan tubuh kamu.

Jika sudah mengetahui jam yang tepat untuk makan, kamu juga perlu mengimbanginya dengan makanan sehat dan bergizi agar manfaatnya lebih terasa untuk kesehatan tubuh kamu. Ayo terapkan jam makan yang tepat agar tubuh lebih sehat!

#Makan #jamMakan #Kesehatan #Rekomendasi #sumedang #erksfm #news-erks