IPDN Gelar Kolaborasi Vaksinasi Gratis di Jatinangor

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 20 August 2021 - 17:45 WIB

IPDN Gelar Kolaborasi Vaksinasi Gratis di Jatinangor — 1 tahun yang lalu


Institut Pemerintahan Dalam Negeri melalui Lembaga Pengabdian Masyarakat IPDN berkolaborasi dengan TNI AL, Pemda Kabupaten Sumedang, juga Relawan Nasional Covid-19 melaksanakan vaksinasi gratis bagi masyarakat di Sumedang, Jumat (20/08/2021).

Kegiatan vaksinasi ini menyasar warga sekitar Kecamatan Jatinangor, Sukasari dan Tanjungsari.

Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan selama 2 hari sejak 20-21 Agustus 2021 di Gedung Balairung Rudini Kampus IPDN Jatinangor.

Vaksin yang diberikan dalam program vaksinasi ini adalah yakni jenis Sinovac sebanyak 15.000 vial.

Pelaksanaan vaksinasi ini dilaksanakaan dengan mengikuti protokol kesehatan yang ketat.

Sebagai tuan rumah tempat pelaksanaan vaksinasi, IPDN juga terjun langsung mengerahkan tenaga kesehatan untuk membantu TNI AL, Relawan Nasional Lawan Covid-19 dan Pemda Kabupaten Sumedang dalam pelaksanaan vaksinasi.

“Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi yang dilakukan oleh IPDN khususnya dalam aspek pengabdian masyarakat. Jadi kami menugaskan sekitar 35 nakes IPDN untuk membantu proses vaksinasi ini,” ujar Wakil Rektor I, Hyronimus Rowa.

Total nakes yang bertugas pada kegiatan ini yakni 131 orang yang terdiri atas nakes IPDN, TNI AL, Dinkes Sumedang dan Relawan Nasional Covid 19.

“Kami menargetkan sejumlah 7.500 warga sekitar untuk melakukan vaksinasi selama 2 hari ini. Dan alhamdulillah animo masyarakat sangat tinggi, terlihat dengan sudah ada sekitar 500 orang yang telah selesai melaksanakan vaksin sampai detik ini,” sambungnya.

Panglima Komando Lintas Laut Militer (Pangkolinlamil) Laksma TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan terimakasihnya pada Kemendagri khususnya IPDN, juga masyarakat sekitar yang antusias pada pelaksanaan vaksinasi ini. 

“Vaksinasi ini dilaksanakan untuk mendukung program pemerintah dalam mencapai herd immunity,” katanya.

IPDN melalui Warek I juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI AL yang telah membantu IPDN dalam rangka pelaksanaan program pengabdian masyarakat di sekitar lingkungan IPDN Jatinangor.

Sementara itu, Dewan Penasehat RNLC -19 Anton Charliyan mengungkapkan pandemi covid-19 bukan masalah kenegaraan, melainkan merupakan masalah kemanusiaan.

“Kita tidak bisa mengandalkan sepenuhnya pada pemerintah. Ini jadi tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia. Kami hadir membantu pemerintah mengumpulkan bahan-bahan makanan, guna menanggulangi masalah covid-19 dari dampak ekonomi maupun kesehatan,” katanya.

“Kami kerjasama dengan TNI-POLRI mengadakan vaksinasi guna bersama-sama membantu pemerintah. Hilangkan perbedaan dan kepentingan politik, karena jika masyarakat Indonesia sehat maka Indonesia akan kuat, ekonomia kan meningkat,” pungkasnya. 

#jatinangor #ipdn #vaksinasigratis #sumedang #erksfm #news-erks