Inovasi Kesbangpol: Tanam Iles-iles di Halaman Kantor

Iwan Ingkig

 - 

Tuesday, 26 January 2021 - 15:42 WIB

Inovasi Kesbangpol: Tanam Iles-iles di Halaman Kantor

Inovasi Kesbangpol: Tanam Iles-iles di Halaman Kantor — 2 tahun yang lalu


Tanaman amorphophallus muelleri (Porang atau iles- iles) mulai ditanami di halaman Kantor Kesbangpol Kabupaten Sumedang. Tanaman ini disebut juga porang, yakni sejenis umbi-umbian yang satu marga dengan suweg dan walur.

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Sumedang Asep Tatang Sujana mengatakan, kegiatan pembibitan tanaman ini adalah bentuk inovasi dari Kesbangpol Kabupaten Sumedang. 

“Guna menambah produktivitas secara ekonomi, selain melaksanakan tugas keseharian sebagai pelayan masyarakat, juga dalam rangka melaksanakan tugas pokok fungsi di bidang pembinaan ideologi,” ungkapnya, Selasa (26/1).

Dikatakannya, setidaknya nantinya akan menambah penghasilan pegawai di lingkungan Kesbangpol, namun mereka juga harus bertanggung jawab guna memelihara tanaman tersebut.

“Jadi, selain menjalankan tugas pokok dan fungsinya di Kesbangpol, mereka juga punya rasa tanggung jawab masing-masing untuk semakin giat bekerja,” imbuhnya.

Menurut Asep, masyarakat banyak belum begitu tahu manfaat porang. Tanaman ini bisa mengontrol berat badan, mengatasi diabetes, mengontrol kolesterol serta sebagai prebiotik. 

 “Kami akan memperbanyak benih dengan disemai, guna menambah khasanah tanaman porang ini di kalangan masyarakat,” tutupnya. (*)

#porang #kesbangpol #tanaman #sumedang #erksfm #news-erks