Inilah 5 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sakit

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 13 January 2023 - 08:00 WIB

Inilah 5 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sakit

Inilah 5 Rekomendasi Makanan yang Baik Dikonsumsi saat Sakit — 1 bulan yang lalu


Sakit merupakan kondisi kesehatan yang sedang menurun akibat kondisi tubuh yang sedang tidak fit. Banyak sekali faktor yang menyebakan seseorang dapat sakit. Terlebih di saat musim hujan, sangat mudah sekali orang terserang flu dan batuk.

Untuk cepat pulih dari sakit, selain ke dokter, kita juga perlu mengonsumsi makanan yang bergizi agar lebih cepat sehat dan segera kembali beraktivitas. Dilansir dari Prevention, berikut adalah 5 rekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat sakit.

1. Sup ayam

Di dalam sup ayam, terdapat kandungan gizi yang tinggi, selain itu juga bisa membantu orang yang sedang sakit agar tetap terhidrasi.

Kandungan bawang putih dalam sup juga baik untuk tubuh, menurut penelitian, bawang putih memiliki senyawa antimikroba yang dapat membantu melawan virus dan bakteri.

Namun perlu diingat, buatlah sendiri sup ayam di rumah agar lebih terjamin dari segi bahan dan kebersihan. Hindari sup kalengan yang dikhawatirkan mengandung pengawet dan bahan kimia berbahaya lainnya.

2. Putih telur dan roti gandum

Saat sedang sakit terkadang perut tidak menginginkan makanan yang terlalu berat, karena itu putih telur yang disajikan bersama roti gandum bisa menjadi pilihan terbaik.

Putih telur adalah makanan yang baik dikonsumsi saat sakit karena mengandung tinggi protein serta teksturnya yang lembut baik untuk perut Anda yang sedang sakit dan tidak ingin makan makanan yang terlalu berat.

3. Madu

Banyak sekali manfaat madu untuk kesehatan dan salah satu minuman yang baik dikonsumsi saat sakit "Madu dapat bertindak sebagai pereda batuk dan membantu menyembuhkan sakit tenggorokan", demikian kata Elena Villanueva selaku praktisi kesehatan seperti yang dikutip dari Prevention.

Anda bisa mencampur madu dalam sereal Anda ataupun diminum langsung dengan sendok.

4. Sereal

Sereal adalah makanan yang mudah diterima tubuh dan baik untuk perut Anda, pilih dengan kandungan gula terendah dan juga tambahkan susu almond agar melancarkan pencernaan.

5. Jahe

Jahe adalah salah satu obat terbaik saat flu dan batuk yang mengandung senyawa aktif (seperti gingerol) yang mendukung kesehatan secara keseluruhan.

Tidak hanya itu, jahe juga memiliki manfaat, khususnya membantu meredakan mual, dan masalah lainnya yang berhubungan dengan flu.

Itulahrekomendasi makanan yang baik dikonsumsi saat sakit, jangan ragu mengonsumsinya karena makanan tersebut sudah terbukti baik bagi kesehatan dan direkomendasikan oleh para ahli gizi. Selamat mencoba!

#Makanan #Sakit #Rekomendasi #Supayam #sumedang #erksfm #news-erks