Inilah 4 Jenis Jeruk di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui,Yuk Simak!

Ajat Sudrajat

 - 

Friday, 31 March 2023 - 15:09 WIB

Inilah 4 Jenis Jeruk di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui,Yuk Simak!

Inilah 4 Jenis Jeruk di Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui,Yuk Simak! — 1 tahun yang lalu


Jeruk merupakan salah satu jenis buah-buahan yang umum dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan, jeruk juga mempunyai manfaat bagi kesehatan. 

Selain bisa dimakan secara langsung, jeruk juga bisa menjadi bahan pelengkap olahan berbagai masakan nusantara. Penasaran apa saja jenis jeruk yang populer di Indonesia? Yuk simak ulasan berikut ini:

1. Jeruk lemon

Jenis jeruk yang selanjutnya yaitu jeruk lemon atau sitrun. Buah jeruk lemon ini berasal dari wilayah Asia Selatan dan telah terkenal sampai ke seluruh dunia. 

Tampilan dari jeruk lemon pada umumnya berwarna kuning sedikit orange. Untuk segi rasanya memang terasa asam, namun banyak juga para pencinta buah jeruk yang satu ini. 

Jeruk lemon biasanya dikonsumsi dengan cara diambil sari-sarinya saja atau hasil perasannya saja yang kemudian akan diolah menjadi minuman segar. 

Selain dapat menjadi minuman, hasil perasan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau amis pada ikan dan juga mencegah oksidasi buah.

Bagian jeruk lemon yang dapat kamu manfaatkan lainnya ialah kulitnya. Kulit lemon nantinya dapat kamu parut lalu masukan ke masakan ataupun kue untuk memberikan aroma harum. Bahkan, kulitnya bisa kamu rubah menjadi pektin, marmalade, dan juga minyak.

2. Jeruk Pontianak

Jeruk yang banyak dibudidayakan di Pontianak ini adalah salah satu jenis jeruk khas daerah tropis. Kulit jeruk Pontianak biasanya berwarna hijau mengkilat kekuningan. 

Permukaan kulitnya yang tipis membuat jeruk ini menjadi mudah untuk dikupas. Jeruk ini juga mempt rasa yang manis serta kandungan air yang lebih banyak.

3. Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan jeruk-jeruk pada umumnya. Permukaan jeruk ini berwarna hijau. 

Jeruk nipis seringkali digunakan dalam aktivitas dapur. Selain bermanfaat untuk menghilangkan bau amis, jeruk ini juga dapat menambah cita rasa masakan.

4. Jeruk Bali

Jeruk Bali atau pomelo mempunyai ukuran lebih besar daripada jeruk pada umumnya. Jeruk dengan nama Latin Citrus maxima ini mempunyai kulit yang lumayan tebal berwarna hijau. 

Buah jeruk bali biasanya berwarna putih, oranye, hingga merah muda dengan sedikit biji didalamnya. Buah pomelo mempunyai rasa yang manis dan juga asam, tetapi cenderung kurang berair.

Selain dapat langsung dimakan, jeruk Bali juga seringkali menjadi bahan ataupun pelengkap berbagai masakan.

Nah, itulah tadi beberapa jenis jeruk yang biasanya ada di Indonesia dan pastinya bergizi serta menyegarkan. Kamu suka jeruk yang mana, nih?

#4jenis #jerukindonesia #buah-buahan #sumedang #erksfm #news-erks