Inilah 3 Fakta Burundi, Negara Termiskin di Dunia

Ajat Sudrajat

 - 

Tuesday, 10 January 2023 - 08:00 WIB

Inilah 3 Fakta Burundi, Negara Termiskin di Dunia

Inilah 3 Fakta Burundi, Negara Termiskin di Dunia — 1 bulan yang lalu


Burundi merupakan negara di bagian timur Afrika yang merupakan negara Landlocked atau dikelilingi oleh daratan. Negara ini adalah salah satu negara bagian di Afrika yang batas daratnya tidak ditentukan oleh peraturan dari penjajah yang pernah mendatangi benua Afrika.

Burundi dikatakan sebagai negara termiskin di dunia karena pendapatan perkapita tahunannya yang hanya sebesar US$270 atau Rp.4.050.000 saja. Selain itu, enggannya pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat negara menjadi pemicu lain rendahnya pendapatan. Di samping itu, negara ini memiliki beberapa fakta unik yang belum banyak diketahui orang. Apa saja? Yuk, kita cari tahu.

1. Memiliki 2 Ibukota Negara

Ibukota dari Burundi adalah Bujumbura dan Gitega. Pada awalnya, hanya Bujumbura yan menjadi ibu kota negara ini, namun, pada tahun 2007 presiden Burundi berjanji akan memindahkan ibukota ke wilayah yang lebih baik.

Pada tahun 2018, Burundi menambah ibukota mereka yang semula hanya Bujumbura, ditambahkan dengan Gitega di mana Bujumbura akan lebih banyak digunakan untuk aktivitas ekonomi, sedangkan Gitega untuk aktivitas politik.

2. Melarang Jogging

Negara yang terkenal dengan taman konservatifnya ini melarang warga negaranya untuk jogging. Hal ini karena di Burundi sendiri, jogging identik dengan kegiatan demonstrasi.

Namun, Burundi memperbolehkan melakukan jogging secara individual. Jika ingin melakukannya secara berkelompok, mereka harus daftar kepada kelompok yang dibentuk oleh pemerintah dan pemerintah setempat akan memberikan mereka 9 pilihan tempat jogging yang akan mereka pilih. Namun, mereka tetap diawasi oleh aparat setempat.

3. Salah Satu Negara Tertua di Benua Afrika

Burundi merupakan salah satu negara tertua di benua Afrika. Hal ini dibuktikan dari banyaknya peninggalan jaman kerajaan yang masih ada sampai sekarang.

Selain itu, Burundi adalah rumah bagi orang-orang suku Twa, Hutu, dan Tutsi yang sudah hidup berkelompok dari zaman dahulu.

Itulah 3 fakta mengenai Burundi yang banyak belum diketahui orang. Negara ini sukar mendapatkan kebahagiaan dan kesejahteraan karena sulitnya pemerintah setempat untuk mengelola negara mereka.

#Burundi #NegaraTermiskindiDunia #Fakta #sumedang #erksfm #news-erks