Ini Manfaat Tersembunyi dari Tidur Siang, Salah Satunya Bisa Bikin Tambah Kreatif

Ajat Sudrajat

 - 

Saturday, 18 June 2022 - 16:36 WIB

Ini Manfaat Tersembunyi dari Tidur Siang, Salah Satunya Bisa Bikin Tambah Kreatif

Ini Manfaat Tersembunyi dari Tidur Siang, Salah Satunya Bisa Bikin Tambah Kreatif — 4 bulan yang lalu


Di tengah kesibukan harian yang padat, tidur siang mungkin menjadi sesuatu yang “mewah” dan sering terlewatkan.

Padahal jika kita gali informasi lebih detail, ternyata manfaat tidur siang sangatlah beragam baik untuk kesehatan fisik maupun mental.

Jadi, ada baiknya bila Sobat Sehatku mengambil waktu sejenak di sela-sela waktu kerja atau sekolah untuk tidur siang. Tidur siang bisa membuat Sobat Sehatku lebih produktif.

Yuks, simak selengkapnya manfaat tidur siang sebagaimana dirangkum dari berbagai sumber.

1. Meningkatkan konsentrasi dan kewaspadaan

Ketika Anda beraktivitas sepanjang hari, kinerja Anda cenderung menurun seiring berjalannya waktu. 

Itulah mengapa banyak pekerja yang sudah tidak konsentrasi bekerja menjelang malam. Nah, tidur siang bisa membantu Anda memiliki kinerja yang lebih konsisten.

Sebuah studi dari NASA (National Aeronautics and Space Administration) menunjukkan bahwa pilot yang tidur siang selama 40 menit menjadi jauh lebih waspada.

Riset yang lain menyebutkan bahwa orang yang tidur siang selama 15–30 menit, akan terlihat lebih segar, mudah fokus, dan produktif, daripada orang yang kelelahan saat bekerja.

2. Memperbaiki suasana hati

Tidur siang dipercaya dapat meningkatkan produksi neurotransmitter serotonin yaitu zat yang mampu menimbulkan perasaan puas dan sejahtera.

Jika Anda sedang merasa stres, cemas, atau gelisah, cobalah untuk melakukan relaksasi sejenak. Tidur siang atau bahkan hanya beristirahat selama satu jam tanpa tidur bisa mencerahkan penampilan kamu. 

Para ahli mengatakan relaksasi yang dilakukan dengan berbaring atau beristirahat adalah penambah suasana hati yang sangat baik, baik kamu tertidur maupun tidak.

3. Meningkatkan daya ingat

Penelitian mengungkapkan bahwa tidur siang dapat membantu otak memproses informasi menjadi memori jangka panjang.

Dengan tidur siang, Anda bisa mengingat hal-hal yang telah dipelajari sebelumnya di hari itu. Oleh karena itu, jika Anda ingin mempelajari atau menghafal materi, sebaiknya dilakukan setelah tidur siang. 

Tidur siang juga bermanfaat untuk mencegah Anda melupakan hal-hal penting seperti keterampilan motorik, persepsi indera, dan ingatan verbal.

4. Menurunkan tekanan darah

Stres dan kelelahan jbisa meningkatkan risiko terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Riset menyebutkan bahwa orang yang rutin tidur siang dan tidur yang cukup setiap malamnya memiliki risiko lebih rendah terkena hipertensi.

Hal ini diduga karena tidur siang dapat mengurangi hormon stres kortisol, yaitu salah satu hormon yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat.

Penelitian pada jurnal Personality and Individual Differences menemukan bahwa tidur siang dapat menurunkan tekanan darah sebesar 5 mmHg. 

Nilai ini juga sebanding dengan minum obat tekanan darah dosis rendah yang biasanya dapat menurunkan tekanan darah 5 sampai 7 mmHg. 

Perlu diketahui bahwa penurunan tekanan darah 2 mmHg dapat mengurangi risiko serangan jantung sebanyak 10%.

5. Tidur malam yang lebih nyenyak

Tidur siang dapat membantu orang dewasa dan kelompok lansia meningkatkan kualitas tidur di malam hari. 

Studi menunjukkan, tidur siang 30 menit antara pukul 1-3 siang, dikombinasikan dengan olahraga ringan seperti jalan kaki dan peregangan sebelum tidur, dapat membantu meningkatkan kualitas tidur di malam hari.

6. Meningkatkan kreativitas

Sebuah studi dari Universitas California menemukan bahwa orang yang rutin tidur siang, lebih kreatif daripada mereka yang tidak tidur siang. 

Tidur siang dengan kehadiran fase REM (Rapid Eye Movement) disebut dapat mengaktifkan bagian otak yang berhubungan dengan pencitraan dan mimpi.

Itu artinya, tidur siang dengan fase REM dapat membantu Anda menggabungkan ide baru atau jawaban dari berbagai pertanyaan yang Anda butuhkan. 

Fase ini biasanya dimulai 70-90 menit setelah Anda terlelap. Dampak tersebut secara bekelanjutan ikut meningkatkan kreativitas dan mampu memberi pola pikir yang baik dalam memecahkan suatu masalah yang membutuhkan pemecahan masalah cukup sulit.

7. Mencukupkan waktu tidur

\Manfaat tidur siang berikutnya adalah mampu mencukupkan waktu tidurnya yang kurang.

Sebagian orang mungkin bekerja secara shift atau jadwal yang bergantian, sehingga “terpaksa” kurang tidur di malam hari. Untuk mencukupi waktu tidur tersebut, tidur siang bisa menjadi alternatif.

Untuk orang yang sulit tidur di malam hari karena kesibukan tertentu, pembagian waktu tidur menjadi 1–1,5 jam di siang hari dan sekitar 6 jam di malam hari, layak untuk dipraktekkan. Pola tidur ini dinamakan tidur bifasik.

8. Meningkatkan sistem imun tubuh

Tubuh yang lelah serta efek kurang tidur dapat meningkatkan pelepasan gejala pro-inflamasi dan dapat mengalami defisiensi imun. Akibatnya tubuh jadi mudah rentan terpapar berbagai macam penyakit.

Untuk mengatasi hal ini, cobalah untuk tidur siang sejenak. Tidur siang memicu produksi protein antivirus yang dihasilkan sistem imunitas.

Selain itu, manfaat tidur siang dapat membantu mengurangi kadar sitoksin penyebab peradangan tubuh dan norepinefrin yakni senyawa kimia yang membantu mengendalikan kekebalan tubuh.

Beberapa hal tersebut yang akan membantu tubuh secara otomatis meningkatkan sistem imunitasnya.

9. Mencegah obesitas

Beberapa penelitian menjelaskan orang yang tidak biasa tidur siang memiliki risiko lebih tinggi terkena obesitas dibandingkan orang yang rutin tidur siang.

Hal ini dikaitkan dengan munculnya kecenderungan orang untuk makan lebih banyak saat ia lelah.

Ketika seseorang mengalami peningkatan nafsu makan, mereka cenderung memilih makanan dengan kandungan nutrisi yang kurang baik, yang kaya karbohidrat sehingga pada akhirnya menimbulkan masalah berat badan.

10. Menyehatkan Jantung

Peneliti dari University Hospital of Lausanne, Swiss, menyatakan bahwa mereka yang melakukan tidur siang sebanyak 2 kali dalam seminggu selama 5 hingga 60 menit, memiliki risiko 48% lebih rendah terkena serangan jantung, gagal jantung dan stroke, dibandingkan dengan mereka yang tidak tidur siang.

Melansir laman The Telegraph, tidur siang yang bahkan hanya dilakukan sebanyak 2 kali dalam seminggu, menurunkan risiko terkena penyakit jantung dan stroke. 

Hal ini diyakini disebabkan oleh efek menghilangkan stres yang bisa didapatkan dari tidur siang.

Nah, itulah beberapa manfaat tidur siang yang mungkin jarang diketahui sebelumnya. Yakin masih mau melewatkan tidur siang? Semoga artikel ini bermanfaat.

#manfaat #tidursiang #kesehatan #sumedang #erksfm #news-erks