H. Nana: Usaha Pariwisata Benar-benar Terpuruk!

Redaksi eRKS FM

 - 

Wednesday, 04 August 2021 - 17:17 WIB

H. Nana: Usaha Pariwisata Benar-benar Terpuruk!

H. Nana: Usaha Pariwisata Benar-benar Terpuruk! — 1 tahun yang lalu


Di masa pandemi ini, usaha di bidang pariwisata sudah sangat terpuruk. Hal yang perlu dipikirkan adalah bagaimana nasib karyawan yang hampir 1, 5 tahun dalam posisi tidak pasti, sehingga 80 persen pengusaha mem-PHK karyawannya.

Hal itu disampaikan Ketua Forum Komunikasi Pariwisata Kabupaten Sumedang H. Nana Mulyana, di Saung Teko Sumedang, Rabu (4/8). Ia juga menuturkan, pihaknya sudah berencana mengibarkan bendera kuning.

“Namun alhamdulillah, pihak Pemkab Sumedang bergerak cepat dengan memangil kami guna beraudensi,” katanya.

“Aspirasi yang kami bawa diterima dengan baik oleh Bupati Sumedang, dan berjanji akan menyampaikan langsung ke pusat. Bupati Sumedang juga akan menyampaikan surat pada lembaga keuangan dalam rangka relaksasi ke perbankan, BPJS, PLN, BPR, Leasing dan PDAM,” paparnya.

Pihak Pemda Sumedang pun, sambung Nana, minta data karyawan yang terdampak, baik itu hotel, restoran, maupun café, bahkan sampai pekerja seni, untuk diberikan bantuan dalam waktu dekat ini.

“Bupati Sumedang mengatakan, mudah-mudahan dalam satu minggu ini, aspirasi yang kami sampaikan diakomodir pusat. Maka, rencana pengibaran serentak bendera kuning kami tangguhkan dulu sampai ada tanggapan dari pusar. Jika tak ada respons, mungkin kami akan menyuarakannya,” paparnya.

Nana juga menyebutkan, secara faktual, Sumedang saat ini sudah masuk PPKM level 3, bukan level 4.

“Kami heran, pertimbangannya apa sehingga Sumedang tetap masuk level 4. Padahal Majalengka dan Subang juga sudah masuk level 3,” ungkapnya.

Nana berharap, minggu depan jumlah angka penurunan Covid-19 semakin turun, sehingga levelnya pun turun.

“Anggota PHRI, hampir seluruhnya terdampak, karena okupansi hotel di Sumedang saat ini maksimal 5 persen, jadi untuk membiayai karyawan tidak cukup. Restoran pun akhirnya memilih tutup daripada buka, tapi tidak bisa makan di tempat,” curhatnya. 

#phri #hotel #pariwisata #restoran #cafe #sumedang #erksfm #news-erks