Gurihnya Sagon Mitoha Bikin Ketagihan

Iwan Ingkig

 - 

Wednesday, 27 January 2021 - 22:52 WIB

Gurihnya Sagon Mitoha Bikin Ketagihan

Gurihnya Sagon Mitoha Bikin Ketagihan — 2 tahun yang lalu


Sekarang, produk camilan sagon kelapa bercita rasa gurih renyah telah hadir di Sumedang. Sentra produksinya berlokasi Dusun Parigi, Desa Kertaharja, Kecamatan Tanjungkerta, Kabupaten Sumedang.

Pemilik usaha sagon bermerek ‘Mitoha’, Siti Suaebah, yang didampingi suaminya Tedi Pamungkas mengatakan, ia baru berjualan sagon Mitoha ini sejak Desember lalu.

“Jadi, kami memproduksinya belum lama,” katanya, saat bincang-bincang dengan eRKS, Rabu (27/1).

Siti pun bertutur, usaha sagonnya berawal dari sang ibu yang memang piawai membuat sagon. Biasanya, sagon kelapa itu dibuat menjelang hari Raya Idul Fitri.

“Nah, saat saya ke Ciamis, saya belajar membuat sagon kelapa sama ibu,” ungkapnya.

Sagon “Mitoha” ini berasal dari merek dagang milik ibunya, yang sudah lama memproduksinya di Ciamis. Seiring dengan waktu, maka menantunya pun ikut membantu bagaimana cara memproduksi sagon kelapa, dan dibawalah ke Sumedang.

“Karena ibu sudah lanjut usia, maka semuanya diserahkan ke kami, dan karena semuanya berasal dari ibu, mulai dari ilmu dan peralatan, jadi kenapa tidak namanya juga Sagon Mitoha,” paparnya.

Untuk pemasaran, selain dijual secara online, juga melayani secara langsung. Namun, diakui Siti, peralatan untuk produksi masih terbatas.

“Untuk pemasaran, dengan adanya UMKM Gerai Gempita, kami kita merasa sangat terbantu,” tandasnya. (*)

#sagonmitoha #umkm #ciamis #sumedang #erksfm #news-erks