Google Luncurkan Fitur Baru Buat Pencarian Lebih Efektif di Chrome

Ajat Sudrajat

 - 

Sunday, 06 November 2022 - 08:00 WIB

Google Luncurkan Fitur Baru Buat Pencarian Lebih Efektif di Chrome

Google Luncurkan Fitur Baru Buat Pencarian Lebih Efektif di Chrome — 1 bulan yang lalu


Google memperkenalkan panel sisi pencarian ke browser Chrome-nya. Fitur baru ini membuat pengguna bisa melompat dari satu hasil pencarian ke hasil pencarian berikutnya

Fitur baru ini juga akan membuat pencarian lebih efektif tanpa harus membuka tab baru atau kembali ke halaman sebelumnya setelah memasukkan pencarian baru.

Fitur panel sisi pencarian Chrome hadir hanya beberapa bulan setelah Microsoft memperkenalkan fitur serupa ke perambannya sendiri, Edge.

Melalui blog resminya, Google menjelaskan fitur tersebut berfungsi ketika pengguna mengetikkan pencarian yang diinginkan ke bilah alamat. 

Setelah itu pengguna bisa mengklik logo Google "G" di sebelah kanan bilah alamat dan memilih buka pencarian di panel samping.

Nantinya, tab akan membuka hasil pencarian pengguna di panel samping di sisi kanan browser, sementara tab yang sebelumnya dibuka pengguna tetap ada di sisi kiri browser.

Google menyatakan fitur ini akan berguna untuk membandingkan berbagai opsi pencarian. Salah satu cara untuk mengakses fitur ini adalah dengan menyorot teks di browser, klik kanan, lalu pilih search in sidebar.

Melansir Digital Trends, Sabtu, 5 November, fitur sisi panel pencarian milik Chrome cukup ramping, meskipun tetap kurang komprehensif dibandingkan fitur setara Edge, yang berfungsi lebih seperti mesin telusur mandiri.

Selain itu, Google juga membagikan pembaruan Chrome lainnya yang rencananya akan dibawa ke browser desktopnya, sebagian besar berkaitan dengan fitur belanja.

Raksasa teknologi tersebut memperkenalkan fitur pelacakan harganya ke Chrome versi desktop setelah fitur itu tersedia di versi seluler selama beberapa bulan.

Pengguna dapat memilih ikon lonceng di bilah alamat toko online saat mereka masuk ke akun Google untuk menerima peringatan email tentang perubahan harga berbagai item.

Belakangan Chrome memang kerap meluncurkan fitur baru, hal ini karena browser itu memiliki jumlah pengguna paling banyak ketimbang pesaingnya menurut StatCounter, merupakan perusahaan yang kerap menghitung pangsa penggunaan web

Terhitung di September, secara global Chrome memiliki 67,34 persen pengguna browser desktop. Sisanya adalah pengguna Microsoft Edge 10,8 persen, pengguna Apple Safari 8,93 persen dan pengguna Mozilla Firefox 7,28 persen.

#Google #FiturBaru #Crome #Pencarian #sumedang #erksfm #news-erks