Gandeng BPJS, Asep Kurnia: Linmas Perlu Jaminan Sosial

Redaksi eRKS FM

 - 

Friday, 02 April 2021 - 05:52 WIB

Gandeng BPJS, Asep Kurnia: Linmas Perlu Jaminan Sosial — 1 tahun yang lalu


Anggota DPRD Kabupaten Sumedang dari Dapil 5 Fraksi Golkar, Asep Kurnia, menggandeng BPJS Ketenagakerjaan dalam Reses pada Kamis (1/4), di Kecamatan Jatinangor.

Reses ini digelar mulai 1 hingga 3 April 2021, dengan tema BPJS Ketenagakerjaan dalam program melindungi anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas) dari kecelakaan saat bertugas.

Asep Kurnia mengatakan, anggota Linmas perlu mendapatkan jaminan sosial.

“Linmas merupakan bagian dalam rangka menciptakan situasi keamanan lingkungan. Apalagi, Linmas sebagai garda terdepan dalam penanggulangan Covid-19, khususnya pada PPKM berskala mikro,” katanya.

Namun, sebagai garda terdepan gugus tugas Covid-19, perlindungan bagi Linmas rasanya sangat kurang.

Sebagai contoh, para Linmas tidak ditanggung pemerintah jika kecelakaan, santunan kematian, beasiswa anak karena tidak memiliki upah tetap.

“Karenanya, dalam reses kedua tahun 2020-2021 ini, saya menggandeng BPJS Ketenagakerjaan untuk mengikutsertakan mereka dalam kepesertaan BPJS. Manfaat dan keuntungannya banyak, salah satunya jaminan keselamatan kerja. Sehingga, apabila mereka sedang bekerja kemudian terjadi kecelakaan, bisa dijamin pemerintah (BPJS),” paparnya.

Karena situasi Covid 19, lanjut Akur, peserta reses dibatasi. Untuk tahap pertama, Linmas yang mengikuti kegiatan ini berasal dari Desa Cilayung, Cileles, Cikeruh, Hegarmanah, Mekargalih, dan Jatiroke, Kecamatan Jatinangor.

Kemudian Desa Sukadana, Sawahdadap, Cimanggung, Sindulang dan Tegalmanggung, Kecamatan Cimanggung sudah didata dan akan mendapatkan langsung kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan. Semuanya ada 133 Linmas.

Sementara itu, terkait iuran BPJS Ketenagakerjaan, sebagai jaminan sosial para anggota Linmas perlu membayar Rp 16.800 per bulan.

“Kita tanggung. Namun, ada sisanya yang dibayar mandiri, karena Linmas siap menyisihkan uang untuk membayar iuran BPJS secara mandiri. Tadi juga mereka bilang mau menyisihkan uang ongkos untuk bayar BPJS,” kata Asep lagi.

Di lokasi yang sama, Account Representative Khusus BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sumedang, Anis menjelaskan, bahwa program ini memiliki banyak manfaat.

“Program ini membantu bapak-bapak Linmas, khususnya di Kecamatan Cimanggung dan Jatinangor. Di dalamnya ada jaminan perlindungan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua,” ungkapnya. 

#bpjs #linmas #sumedang #erksfm #news-erks