Gampang Pisan! Kartu Nikah Bisa Didownload di Sini

Redaksi eRKS FM

 - 

Tuesday, 10 August 2021 - 12:45 WIB

Gampang Pisan! Kartu Nikah Bisa Didownload di Sini

Gampang Pisan! Kartu Nikah Bisa Didownload di Sini — 1 tahun yang lalu


Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kabupaten Sumedang Sjamsuridjal mengatakan, kartu Nikah digulirkan pada tahun 2019 guna mempermudah pelayanan pada masyarakat. 

“Kartu Nikah itu tidak berbetuk fisik, tapi Digital, dan bisa mengakses setiap KUA yang sudah terintegrasi, melalui email. Hampir 100 persen KUA sudah menggunakan Aplikasi Simkah atau Simtem Informasi Menikah,” ujarnya, Selasa (10/8).

Ia menuturkan, jadi nanti si catin atau calon pengantin, ketika sudah melakukan perkawinan, langsung mengisi formulir pendaftaran nikah melalui Simkah, di situs www.simkahkemenag.go.id

Selanjutnya mengisi data, baik itu alamat email ataupun nomer telepon. Selanjutnya, kartu nikah akan dikirim melalui tautan email. Bahkan, pasangan yang sudah lama pun sekarang bisa mendaftarkan diri melalaui web ini.

Kartu Nikah merupakan bagian dari program yang diluncurkan oleh mantan Kemenag, dan bulan Agustus ini mulai digitilisasi.

“Kartu Nikah digital sebenarnya bisa digunakan jika Kartu Tanda Penduduk hilang, karena ada barcode-nya. Selain itu, cukup simpel karena bisa dibawa kemana-mana, dan disimpan di dompet,” pungkasnya.  

#kartunikah #download #simkah #sumedang #erksfm #news-erks